Yuk, Mengenal 5 Rukun Islam! karya Ririn Astutiningrum

cover yuk mengenal 5 rukun islam.jpg

Mengenalkan Rukun Islam Sejak Dini

Judul                            : Yuk, Mengenal 5 Rukun Islam! Infografis.

Penulis                          : Ririn Astutiningrum

Editor                           : Yadi Saeful Hidayat

Penerbit                       : Mizania Kids

Tahun Terbit                : Pertama, Maret 2017

Jumlah Halaman          : 88 halaman

ISBN                           :  978-602-61064-0-7

Peresensi                     : Muhammad Rasyid Ridho, Pengajar Kelas Menulis SD Plus Al-Ishlah Bondowoso

Dalam ajaran Islam, setiap anak terlahir dalam keadaan fitrah atau dalam bahasa lain sudah mengenal dan mengetahui bahwa Allah adalah penciptanya. Tetapi, ada andil orangtua yang kemudian memengaruhi sang anak akan memilih keyakinan apa dalam hidupnya. Jika orangtuanya mengajarinya keislaman, maka dia akan mengenal Islam.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam bersabda dalam hadits yang diriwayatkan oleh Muslim, “Setiap anak itu dilahirkan dalam keadaan fitrah lalu kedua orang tuanyalah yang menjadikannya sebagai seorang yahudi, nasrani dan majusi (penyembah api). Apabila kedua orang tuanya muslim, maka anaknya pun akan menjadi muslim. Setiap bayi yang dilahirkan dipukul oleh syetan pada kedua pinggangnya, kecuali Maryam dan anaknya (Isa).”

Maka, memang sudah menjadi kewajiban orangtua untuk mengajarkan kepada anaknya tentang akidah Islam. Hal itu dilakukan sejak dini, dan saat ini di mana penulisan buku anak semakin berkembang, ada buku yang layak dijadikan pegangan, dibacakan atau dibaca oleh anak sendiri yang berjudul, Yuk Mengenal Rukun Islam! Karya Ririn Astutiningrum.

Buku ini terdiri dari 6 Bab. Bab pertama membahas tentang pengenalan rukun Islam. Diawali dengan memberi pemahaman arti rukun yang berasal dari kata arkana yang berarti fondasi, dan Islam berasal dari aslama yang berarti tunduk atau patuh. Maka, menurut istilah rukun islam berarti fondasi dasar kehidupan seorang Muslim.

Lebih jelasnya lagi, penulis mengibaratkan, “Jika Islam ibarat rumah, rukun Islam adalah fondasinya. Semakin kuat fondasi, semakin kuat rumah itu berdiri. Jika Islam umpama sebatang pohon, rukun Islam adalah akar-akarnya. Semakin kuat akar, pohon itu tak mudah tumbang (halaman 10).”

Lebih dari itu Ririn juga memaparkan bahwa semua Nabi dan rasul beragama Islam. Nah, kemudian diutuslah Rasul terakhir Muhammad Saw, maka ajaran Nabi dan Rasul terdahulu sudah tidak berlaku, dan yang harus dilakukan oleh Umat Islam adalah syariat yang dibawa oleh Nabi Muhammad Saw.

Dalil Rukun Islam diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, Rasulullah Saw bersabda, “Islam dibangun di atas lima fondasi yaitu, pertama persaksian bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah. Kedua, mendirikan shalat. Ketiga, membayar zakat. Keempat, melaksanakan haji ke Baitullah bila mampu, dan terakhir adalah menjalankan puasa di bulan Ramadhan.”

Bab kedua membahas tentang syahadat. Ririn kemudian memberikan penjelasan arti syahadat menurut bahasa yang berasal dari kata syahida yang berarti dia telah menyaksikan. Kemudian, menurut istilah syahadat adalah persaksian bahwa tiada Tuhan selain Allah Swt. dan Nabi Muhammad Saw. adalah Rasul atau utusannya (halaman 13).

Sebagai buku yang ditujukan untuk dibaca oleh anak-anak, buku ini sudah masuk kategori yang memang akan disukai oleh anak-anak. Seperti lebih banyak gambar ketimbang tulisan, dan bahkan lebih dari itu buku ini juga full colour. Setiap penjelasan misalnya tentang kunci surga maka ada ilustrasi gambar kunci juga. Begitu juga penjelasan lainnya, intinya buku ini bakal menarik anak-anak untuk membaca.

Bab ketiga, membahas tentang shalat. Bab keempat membahas tentang zakat. Bab kelima membahas tentang ziarah ke tanah suci baitullah. Dan bab keenam membahas tentang puasa wajib di bulan Ramadhan, seperti saat ini. Maka, jika Anda membutuhkan buku Islami bertema tentang kewajiban puasa di bulan Ramadhan, tak salah Anda memilih buku ini guna mengenalkan dan memahamkan kewajiban puasa kepada anak-anak Anda. Sebuah buku yang yang direkomendasikan untuk dibaca anak-anak Muslim, agar mengenal dan memahami akidah agamanya sejak dini. selamat membaca!

Dimuat di Harian Singgalang
*bisa dipesan di Toko Buku Hamdalah wa http://bit.ly/085933138891  atau di http://bit.ly/TokoBukuHamdalahWhatsApp
* info buku-buku bisa bergabung di channel telegram: t.me/bukabukubukadunia

 


Filed under: Akhlak, Al-Qur'an, Buku Yang Sudah Dibaca, Haji, Harian Singgalang, Ibadah, Keislaman, Penerbit Mizan, Penerbit Mizania, Puasa, Resensi Buku, Zakat Tagged: buku anak islami, buku rukun islam untuk anak, penerbit mizania, resensi buku anak, resensi dimuat di harian singgalang, review buku, ririn astutiningrum, rukun islam

Share this post:

Related Posts

Comments are closed.

View My Stats