Wrap Up – Tantangan Baca Buku Agatha Christie 2019

Jadi, ada tantangan baca buku Agatha Christie dari tanggal 13 – 22 September 2019. Pas tau infonya di Twitter lalu saya dengan semangat lah untuk ikutan. Sebagai pembaca pemula Agatha Christie, saya mulai cari tahu buku-buku mana saja yang akan saya baca dalam 10 hari tersebut.

Tantangan baca buku Agatha Christie ini dibuat oleh @Selselkelabu yaitu Komunitas Pembaca Buku Agatha Christie di Indonesia dan Gramedia Pustaka Utama sebagai penerbit buku-bukunya Agatha Christie. Mungkin tantangan baca ini sudah dibuat tiap tahun, tapi saya aja yang baru ngeh.

Saya pastinya sudah sering lihat buku-bukunya Agatha Christie (AC) di perpustakaan sekolah waktu SMP-SMA. Bisa dibilang SMA saya dulu punya banyak koleksi bukunya AC, sayangnya saya lebih milih baca yang lain waktu itu, karena buku misteri terlalu suram menurut saya waktu itu untuk dibaca. Takut ngeri sendiri kali ya dulu.

Pas langganan Gramedia Digital, udah kepikiran mau baca sedikit demi sedikit bukunya AC, tapi ternyata ya memang harus kayak dipecut dulu gitu biar kejadian beneran segera dibaca. Makanya pas tahu ada tantangan baca bukunya AC ini selama 10 hari, akhirnya saya merasa inilah waktunya buat ikutan baca. Ikut tantangan baca itu kerasa kita baca bareng gitu lho, jadi rame aja yang barengan baca. Terlepas dari ada atau tidaknya hadiah dari tantangan baca itu, tetap aja buat saya menantang sekali bisa baca buku banyak genre.

Sehari sebelum dimulai yaitu tanggal 12 September, saya udah milih 10 buku (ya, berasa hebat banget ya bisa baca 10 dalam 10 hari) yang saya raa jumlah halamannya paling sedikit. Gitu deh, strateginya kan bagus ya biar cepet kelar gitu. Namun sayang, seribu kali sayang~~~ strategi itu agak keliru, selanjutnya saya lebih memilih yang ratingnya bagus di Goodreads trus saya baca deh. Dan beneran lebih seru sih ya, ratingnya gak bohong. Jadi dari 10 listing buku yang saya tulis tersebut, cuma kebaca 3 saja, 2 buku lagi beneran saya pilih karena rating di Goodreads.

Alhamdulilah, walau gak sampe 10 buku, saya bisa menyelesaikan baca 5 buku (ebook sih lebih tepatnya) yang saya baca dari Gramedia Digital dan IPusnas. Berikut daftar kelima buku tersebut dan link review singkat saya yang bisa dicek di Goodreads.

  1. Kasus-Kasus Terakhir Miss Marple
  2. Buku Catatan Josephine
  3. Pembunuhan di Orient Express
  4. Lalu Semuanya Lenyap
  5. Pembunuhan atas Roger Ackroyd

Sudah ada 80 buku AC yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Sejauh yang sudah saya baca (ya baru 5 buku itu sih) terjemahannya lumayan bagus, walau dibeberapa kata atau kalimat masih ada yang kurang pas, tapi overall enak kok dibaca. Ada beberapa tokoh yang dibangun AC dalam buku-bukunya yaitu Miss Marple, si nenek pintar yang suka gosip dan Hercule Poirot, si detektif berbadan kecil tapi juara bener deh mengusut kasus pembunuhan.

Apakah saya mau terus membaca AC? Ya pastinya begitu, tapi memang mungkin gak buru-buru kayak waktu dalam tantangan baca kali ini. Saya bersyukur lho bisa ikutan #AgathaChristieReadathonGPU kali ini karena memang jadi terpecut untuk menyegerakan baca gitu.

Share this post:

Related Posts

Comments are closed.

View My Stats