Wishful Wednesday – Seteru 1 Guru

Wishful Wednesday 2015 #8

Selamat hari Rabu, hari beringin-ingin dan berangan-angan.

Kembali lagi menulis WW setelah lamaaaa absen nih, entah kenapa akhir-akhir ini semangat membaca menurun drastis #salahkankdrama meskipun timbunan tambah tinggi #salahkaniklantokobukuoldanobralan :D

Meskipun begitu, sekarang ada satu novel yang benar-benar kuinginkan. Bukan novel fantasi ataupun scifi, tapi novel fiksi-historis 'aseli indonesa'. Mungkin masih imbas dari efek Agustusan, tapi novel ini kupikir sangat menarik karena membahas tiga tokoh (plus guru mereka) yang sangat mempengaruhi jalan hidup bangsa Indonesia di awal kelahirannya. Sangat kebetulan bahwa ketiganya pernah hidup di dalam satu rumah namun kemudian ketiga-tiganya menganut paham ideologi yang sangat bertentangan.

Ini novel yang kumaksud...





Seteru 1 Guru
by Haris Priyatna
Surabaya, awal tahun 1900-an, di Gang Peneleh ada sebuah rumah yang dihuni oleh sejumlah anak muda yang kemudian membentuk sejarah bangsa ini. Rumah itu menjadi saksi bagaimana tokoh besar, H.O.S Tjokroaminoto, Sang Raja Jawa Tanpa Mahkota menggembleng anak-anak kosnya dalam perjuangan bangsa melawan penjajahan. Tersebut nama Soekarno, Musso dan Kartosoewirjo. Dari Tjokroaminoto, ketiganya belajar tentang pentingnya kemerdekaan, kebebasan dan ideologi dalam berbangsa. Ketiganya bersahabat dan saling mendukung dalam masa-masa awal perjuangan dan belajar di Surabaya.

Namun kemudian sejarah berkata lain. Ketiga murid kesayangan Tjokroaminoto ini harus berpisah jalan. Mereka menempuh jalan sesuai dengan kata hati masing-masing. Sebuah persimpangan yang akhirnya membawa mereka kembali dalam sebuah pertemuan berdarah. Perselisihan paham yang membuat sahabat harus saling menumpas.

Seteru 1 Guru, sebuah novel tentang pergulatan sejarah anak bangsa, Soekarno, Musso dan Kartosoewirjo. Tentang bagaimana ketiga sahabat satu perguruan itu harus berpisah jalan demi keyakinan yang berbeda. Tentang bagaimana sebuah bangsa merdeka harus dibangun dengan darah dan air mata.


* * *


Yuk, ikutan Wishful Wednesday dengan cara:

1. Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu.

2. Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!

3. Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky. Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.

4. Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu.

Link Back WW

NB: baru buka postingan host WW, ternyata minggu ini adalah edisi Anniversary blog Books to Share dan ada giveaway di sana. Okelah kalau begitu... buku WW-ku ini bisa didapatkan di sini dan biar pas budgetnya, tambah buku ini juga. Terima kasih Mbak Astrid.... :))





Share this post:

Related Posts

Comments are closed.

View My Stats