The Road Back to You

Jalan Menuju untuk Mengenal Diri
Perjalanan Enneagram untuk Mengenal Diri


Oleh : Ian Morgan & Suzanne Stabile

Penerbit : Literatur Perkantas Jatim, 2018
Tebal : 239 halaman


Istilah Personality (kepribadian) berasal dari kata Yunani, yaitu persona yang mempunyai arti topeng. Topeng ini kita gunakan untuk menutupi diri kita agar terlindung untuk menjalani hidup sebagai kemampuan bawaan, strategi bertahan, refleks yang terkondisi dan mekanisme bertahan.

Konon pada tahun 1900, George Gurdjieff menggunakan gambar geometris 9 titik atau enneagram untuk menggambarkan tipe-tipe kepribadian. Ennea mempunyai arti sembilan, dan gram mempunyai arti gambar.

Pada tahun 1970, Oscar Ichazo menemukan enneagram dan bersama muridnya, Claudio Naranjo, mengembangkan dengan memasukkan pemahaman psikologi modern ke dalamnya.

Dari berbagai model teori kepribadian, termasuk didalamnya enneagram ini mungkin kita tidak perlu fanatik akan kebenaran dan keabsahannya, namun mengutip dari tokoh matematika George Box, bahwa bisa jadi semua model salah atau tidak akurat, namun sebagian tetap berguna bahkan sangat berguna.

Beberapa tipe dari 9 tipe kepribadian akan saya jabarkan, yaitu :

Tipe 1 : Perfeksionis
Beretika, berdedikasi dan bisa diandalkan, termotivasi oleh kemauan untuk hidup dalam cara yang benar, membuat dunia lebih baik, dan menghindar dari kesalahan dan disalahkan.

Tipe 7 : Petualang
Gembira, spontan dan suka bertualang, dimotivasi oleh kebutuhan untuk bahagia, merencanakan pengalaman yang menimbulkan semangat dan menghindari kesulitan.

Tipe 4 : Romantis
Kreatif, sensitif dan mengikuti perasaan, termotivasi oleh kebutuhan untuk dimengerti, mengalami perasaan yang sangat besar, dan menghindar dari biasa-biasa saja.

Tipe 3 : Peraih
Berfokus pada keberhasilan, sadar akan pandangan orang lain dan terfokus pada produktivitas, termotivasi oleh kebutuhan untuk meraih keberhasilan dan menghindari kegagalan.


Anak tipe 1 selalu berusaha menjadi anak teladan dengan mengetahui aturan dan menaati secara detail. Sejak kecil mereka kritis. Mereka terkadang menghindari olahraga yang tidak bisa mereka kuasai.

Anak tipe 1 perlu dinasihati bahwa melakukan kesalahan merupakan sesuatu yang normal, dan bahwa melakukan kesalahan merupakan proses belajar dan bertumbuh. Pastikan anak tipe 1 ditegur saat tidak ada orang lain

Anak tipe 7 merupakan anak yang tidak suka diikat, mereka butuh fleksibilitas. Hal ini bukan berarti mereka malas, bukan sama sekali, bahkan mereka selalu bergerak dan tidak pernah mau berhenti. Jika mereka mengalami kebosanan, mereka bisa menjadi hiperaktif dan cerewet, pikiran mereka berputar cepat dan menjadi pemarah.

Anak tipe 4 cenderung murung, kemurungan berbeda dengan depresi. Kemurungan mereka terkadang bisa berlebihan. Tipe 4 ini merupakan tipe paling rumit dalam tipe kepribadian enneagram. Mereka merasa berbeda dan sering disalahmengerti oleh orang lain, sehingga mereka berusaha menciptakan ruang bagi diri mereka sendiri.

Share this post:

Related Posts

Comments are closed.

View My Stats