Sumber Bacaan yang Bisa Kamu Akses Ketika Mudik



Sudah pada mudik semua ya? Atau masih ada yang bersiap-siap? Well, kalau kalian adalah pembaca buku, pasti tidak pernah lupa untuk ikut memasukkan buku ke dalam daftar bawaan. Kalau terlupa, bisa celaka. Bisa mati gaya kalau harus menunggu lama. Tetapi seringkali, kita dibuat bingung mau buku apa yang harus dibawa. Mau berapa banyak? Berat tidak ya kira-kira?


Selain dalam bentuk cetak, baik itu mass market, paperback, atau harback tentunya memberikan efek beban terhadap bagasi kita. Iya kalau hanya membawa satu buah buku, rasanya tidak terlalu berpengaruh. Kalau bawa lebih dari satu bagaimana? Misalnya membawa satu judul buku Lord of The Ring atau salah satu dari serial Game of Throne. Wah, bisa-bisa bawaan lain seperti baju dan sepatu malah tidak terangkut.

Tapi tahukah kalian bahwa ada layanan digital yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber bacaan ketika mudik (dan juga liburan)?

Bagi teman-teman yang suka bingung akan butuh berapa banyak bacaan selama liburan, sumber bacaan secara digital ini bisa membantu. Kali ini, Shiori-ko ingin berbagi sumber bacaan dan layanan berlangganan yang sudah pernah kami gunakan.

1. Gramedia Digital



Layanan yang disediakan oleh grup Kompas Gramedia ini bisa dinikmati melalui tablet ataupun ponsel. Asalkan sudah memasang aplikasi Gramedia Digital pada gawai, kalian sudah bisa mulai menggunakannya. Biaya berlangganannya hanya Rp89.000/bulan untuk mendapatkan akses terhadap banyak sekali buku bacaan terbitan grup Kompas Gramedia. Selain sistem berlangganan, pengguna juga bisa melakukan pembelian secara satuan pada buku yang diinginkan. Pilihan pembayarannya juga bisa melalui debit ataupun kredit.

2. Google Books

Tampilan Google Play Books yang ada di ponsel Androidku


Kalau yang satu ini rasanya sudah dikenal oleh semua pengguna ponsel bersistem Android. Kita hanya perlu memasang aplikasi Google PlayBooks dan sudah bisa melakukan pembelian melalui platform tersebut. Google PlayBooks sejauh ini belum memiliki layanan berlangganan layaknya Gramedia Digital namun memiliki koleksi yang lebih luas sebab Google juga menyediakan koleksi dalam bahasa Inggris. Mengenai pembayaran, pengguna bisa menggunakan kartu debit, kartu kredit, atau bahkan pulsa.

3. Kobo Books



Kobo memang dikenal sebagai e-book reader. Tetapi, ketika ponsel semakin pintar dan internet memungkinkan adanya integrasi antarperangkat, Kobo Books tidak menutup kemungkinan untuk membuka koleksinya kepada mereka yang belum punya e-book reader. Sama seperti kebanyakan aplikasi untuk membaca, pengguna hanya butuh memasang aplikasi Rakuten Kobo di gawainya. Tidak cuma di ponsel dan tablet, bahkan aplikasi Rakuten Kobo juga bisa dipasang di desktop. Melalui platform tersebut, pengguna bisa mulai memilih bacaan apa yang ingin diakses. Untuk sistem, sama seperti Google PlayBooks. Rakuten Kobo tidak memiliki sistem berlangganan untuk koleksi bukunya.

Perlu diingat, dalam Rakuten Kobo, koleksi yang tersedia hanyalah dalam bahasa Inggris dan beberapa bahasa asing (seperti bahasa Jerman dan bahasa Perancis). Satuan harganya juga dalam satuan dolar Amerika Serikat. Sejauh ini, Shiori-ko menggunakan Jenius untuk melakukan pembayaran.

4. Amazon Kindle



Konsepnya serupa dengan Rakuten Kobo. Pengguna tidak harus punya e-book reader untuk dapat membaca buku. Melainkan cukup dengan memasang aplikasi Amazon Kindle di perangkat elektronik dan pengguna sudah bisa mengakses ribuan koleksi. Dibandingkan Rakutan Kobo, Amazon Kindle punya koleksi yang jauh lebih banyak dan dalam bahasa Inggris. Amazon Kindle menawarkan konsep berlangganan Amazon Prime yang mana pengguna bisa membaca ribuan artikel. Satuan yang digunakan adalah dolar Amerika Serikat untuk harga per item bukunya. Begitu pula dengan yang lain, sistem pembayaran melalui Amazon menggunakan kartu kredit.

***

Jadi, sudah tidak ada lagi alasan untuk tidak membawa buku ketika liburan kan? Sebenarnya masih ada beberapa penyedia layanan pustaka seperti iPusnas, iJak, atau Bookmate. Tapi sayangnya, Shiori-ko belum berkesempatan untuk mencobanya.

Ahya, sebagai tambahan, untuk memudahkan proses pembelian buku dari platform di atas, aku kerap menggunakan Jenius dari BTPN. Sistem Jenius dikenali di dalam dan di luar negeri kok. Gampang banget kalau mau jajan-jajan lucu di platform-platform itu.

Enjoy your holiday ya!


Share this post:

Related Posts

Comments are closed.

View My Stats