Startup GuideBook


Judul: Startup GuideBook
Penulis: Andika Drajat M & Dita Kartika S
Penerbit: Quadrant
Tahun terbit: 2017
Tebal: 193

Startup business saat ini menjadi pilihan profesi baru banyak anak muda. Mengapa? Faktanya banyak anak muda yang berhasil menjadi pengusaha sukses berawal dari membangun startup business. Bisnis berbasis teknologi ini memberikan penghasilan tak terbatas. Lihat saja Mark Zuckerberg, Jack Ma, dan lain-lain.

Tertarik menjadi seperti mereka? Buku ini memberikan panduan bagaimana membangun sebuah bisnis startup. Apa saja yang harus dipersiapakan, bagaimana pelaksanaannya sampai mengembangkan dan memperoleh gelar ‘unicorn’. Unicorn adalah gelar yang paling diidamkan dalam startup business.

Startup sendiri adalah istilah bagi perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan ini biasanya masih dalam proses pengembangan dan masih berusaha menemukan sasaran pasar yang tepat.

Nah, bagaimana memulai bisnis startup serta apa saja yang diperlukan? Niat adalah langkah pertama yang perlu dimiliki oleh seseorang yang ingin memulai sebuah usaha. Mempersiapkan mental wirausaha tentu saja tidak oleh diabaikan, karena sukses atau tidaknya suatu bisnis, dipengaruhi mental pelakunya. Selanjutnya menentukan ide bisnis. Untuk menggali ide bisnis kuncinya adalah fokus dengan keadaan sekitar. Ingat, startup yang berhasil berawal dari pemecahan masalah sehari-hari. Ide bisnis ini bisa dilakukan dengan menerapkan rumus 5W + 1 H; yaitu What is the problem? Why it’s happened? Where is the problem occurs? When is the problem occurs? Who is the target? How to prevent it?
Langkah berikutnya adalah membentuk tim. Tim merupakan bagian paling penting pada sebuah startup. Pilihlah orang-orang yang memiliki visi sama dengan kemampuan beragam sesuai bidang masing-masing. Memilih orang-orang yang tepat menjadi tim Anda adalah penting. Tim menjadi salah satu penilaian penting bagi venture capital ketika akan memberikan dananya pada sebuah startup.
Kemudian, membuat business plan. Business plan dapat menjembatani ide dan kenyataan serta memudahkan kita menjalankan bisnis. Business plan juga menjadi salah satu syarat untuk memperoleh investor.

Apa yang dipaparkan di atas adalah hanya sebagian dari isi buku Startup GuideBook ini. Untuk lebih detail dan jelasnya silakan Anda membacanya sendiri ya :). Yang jelas buku ini dapat menjadi panduan bagi mereka yang ingin mengenal dunia bisnis startup dan tentunya bagi Anda yang ingin memulai memasuki dunia bisnis startup. Dilengkapi juga dengan beberapa kisah inspiratif dari contoh-contoh startup sukses, seperti Uber, AirBNB, SnapChat, Gojek, Traveloka, Tokopedia dan masih banyak yang lainnya.

Buku ini ditulis dengan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti, cocok untuk remaja dan Anda yang tidak menyukai sesuatu yang textbook banget :). Walau isinya padat dengan materi tetapi Anda nggak bosan kok membacanya :). Selamat membaca.

Share this post:

Related Posts

Comments are closed.

View My Stats