Shiori-ko Recommendation: International Mother’s Day



Berbeda dengan Hari Ibu yang dirayakan di Indonesia, versi internasionalnya malah tidak bertanggal. Ia jatuh pada hari Minggu pekan kedua di bulan Mei. Bebas saja tanggal berapa.

Di luar sana, Hari Ibu Internasional dirayakan dengan memberikan hadiah untuk para ibu sebagai bentuk cinta dan kasih dari anaknya. Meriah memang, tapi kali ini Shiori-ko ingin berbagi beberapa rekomendasi bacaan yang rasanya masih sejalan dengan tema "ibu". Dan karena Hari Ibu Internasional, Shiori-ko mencoba memilihkan dari beberapa negara ya!




Keembar Keempat oleh Sekar Ayu Asmara - Fiksi
Berkisah tentang triplet yang seakan memiliki hidup sempurna karena seorang ibu yang selalu memberikan pendidikan terbaik kepada anak-anaknya. Tapi sebenarnya, ibu yang mereka anggap selayaknya matahari, ternyata menyimpan rahasia.

Holy Mother oleh Akiyoshi Rikako - Fiksi
Novel thriller ini menceritakan tentang sifat protektif seorang ibu terhadap anaknya yang semakin memuncak. Terutama ketika berita pembunuhan beredar di sekitarnya. Apakah sang ibu berhasil membuat anaknya selamat?

Little Fires Everywhere oleh Celeste Ng - Fiksi
Judul satu ini mungkin paling lekat dengan narasi "ibu sempurna": apakah mereka yang bisa meyemimbangkan karier dan keluarga atau mereka yang mau merelakan kariernya demi membangun keluarganya. Moral compass pembaca seakan diuji dalam cerita ini.

Bukan Perawan Maria oleh Feby Indirani - Fiksi
Kumpulan cerpen ini sebenarnya menyoroti kiprah perempuan di ruang publik. Bagaimana orang-orang melihat perempuan, terutama ibu sebagai orangtua tunggal dalam membesarkan seorang anak.

The Handmaid's Tale oleh Margaret Atwood - Fiksi
Membayangkan apabila sebuah negara memperlakuan kaum wanita hanya sebagai obyek reproduksi. Setidaknya Atwood mengingatkan kalau wanita pun juga manusia.

Sharp Objects oleh Gillian Flynn - Fiksi
Mneyoroti hubungan antara ibu dan anak yang berubah menjadi dingin ketika si anak bertumbuh dewasa. Tetapi sesungguhnya, sang ibu malah ingin menyelematkan seorang anak lagi, tanpa diketahui siapapun.

---

Sebenarnya masih ada cukup banyak judul yang memeiliki tema "ibu" secara universal. Akan tetapi, dalam radar bacaan Shiori-ko (dan pasti semua judul yang ada di atas sudah dibaca) buku-buku itu memiliki sentuhan "ibu".

Adakah dari bacaan di atas yang sudah pernah kamu baca?

Share this post:

Related Posts

Comments are closed.

View My Stats