Selamat Ulang Tahun, Agatha Christie!


Tanggal 15 September ini, kita memperingati 126 tahun Agatha Christie, sekaligus 100 tahun karir menulis Christie dengan novel The Mysterious Affair at Styles yang memperkenalkan Hercule Poirot pada dunia. Novel tersebut sempat ditolak oleh beberapa penerbit, sampai akhirnya diterbitkan di tahun 1920 oleh penerbit AS, John Lane. Sejak itu, Christie mengukuhkan gelarnya sebagai Queen of Crime dengan menulis 66 novel misteri, menciptakan tokoh detektif ikonik seperti Poirot dan Miss Marple, sekaligus membawa napas baru dalam genre misteri dengan detektifnya yang santai, setting yang khas, drama, serta plot yang mengejutkan. 

Christie di rumahnya di Devon, 1974.
Foto oleh Lord Snowdon / Camera Press / Retna

Ada beberapa event menarik yang diadakan untuk merayakan hari lahir penulis favorit warga Inggris ini, di antaranya: 
  • Royal Mail mengeluarkan satu set perangko khusus yang terdiri dari enam perangko bertemakan novel misteri Agatha Christie. Novel yang dipilih adalah The Mysterious Affair at Styles, And Then There Were None, Murder on the Orient Express, A Murder is Announced, The Body in the Library, dan The Murder of Roger Ackroyd.

  • Novel pastiche Closed Casket (Peti Tertutup) yang ditulis oleh Sophie Hannah, diterbitkan di beberapa negara sekaligus, termasuk Indonesia. Dalam sekuel Monogram Murders ini, detektif ternama Hercule Poirot dan kawannya, Inspektur Polisi Edward Catchpool, harus memecahkan misteri yang terjadi di pesta Lady Playford, seorang penulis buku anak yang terkenal. 

Share this post:

Related Posts

Comments are closed.

View My Stats