REVIEW The Naked Traveler 3

Bagi penulis, traveling itu bagaikan sekolah. Penulis yang bayar, tapi tetap harus mengerjakan ‘tugas-tugasnya’, seperti merencanakan perjalanan, membeli tiket, mencari penginapan, berkomunikasi dengan orang dengan bahasa yang tidak dimengerti, menemukan jalan di tempat yang asing, dan sebagainya.

Hasilnya? Pengetahuan dan wawasan tentu bertambah, begitu juga soft skills. Beberapa contohnya, semakin disiplin, terutama soal waktu. Semakin tinggi rasa toleransi karena harus berhubungan dengan manusia dengan beragam latar belakang. Semakin merasa dekat dengan Sang Pencipta karena menyaksikan keajaiban dan keindahan alam. Bahkan, semakin penulis sering ke luar negeri, justru semakin cinta dengan Indonesia.

Pesan penulis, jangan ragu, mau jadi hitchhiker, backpacker, flashpacker, atau luxious traveler, itu semuanya hanya istilah yang mengotak-ngotakkan gaya traveling. Intinya, temukan saja kenikmatan traveling. Jangan pernah terpaku pada gaya atau tujuan. Gaya traveling itu bergantung dari kemampuan individu masing-masing, jadi tidak bias dipaksakan. Lagipula, tidak selalu tujuan yang nantinya akan menjadi lebih berwarna barangkali justru perjalanannya yang lebih berwarna. Karena traveling itu sangat personal. Kita sendiri yang akan mengalaminya sehingga penilaian baik buruknya suatu perjalanan pun bergantung pada cara pandang kita.

Tulisan dalam buku ini merupakan hasil pengalaman traveling penulis antara rentang waktu 2008-2011. Melalui buku ini, penulis mengajak pembaca untuk berani keluar dari zona nyaman demi melihat dunia. Mari menabung, mari mengambil cuti, mari merencanakan perjalanan dan mewujudkannya.

Ada beberapa Negara dalam buku ini yang menarik disimak. India, tak seindah dalam film bollywod. India sesungguhnya terkesan kumuh. Krisis air juga melanda Negara ini. Mirisnya jika membahas tempat tinggal, dimana satu rumah bias terdiri banyak keluarga. Kebayang kan umpek-umpekan satu rumah dan apa akur ya kalo banyak keluarga satu rumah gitu x))

Seperti halnya India, Korea pun juga begitu. Tak seindah dramanya. Orang-orang asli Korea juga jarang yang cakep, kalo yang asli loh ya. Tapi memang seperti kita ketahui, Korea memang identik dengan operasi plastik. Bahkan hadiah bagi anak saat ulang tahun adalah operasi plastic sudah menjadi hal yang lumrah di sana. Orang biasa aja pada operasi, apalagi artis. Bayangkan, satu kecamatan aja ada 400 RS. Dan 60% orang Korea usia 20-40 tahun pernah operasi plastic x))

Ladyboy di Thailand juga menarik perhatian. Jangan heran jika di sana, kita hamper tidak bisa membedakan mana perempuan mana yang ladyboy, cynnn… x))

Yang paling seru pengalaman penulis saat berkunjung ke Pulau Caminguin, khususnya ke Soda Spring alias kolam yang berisi sumber mata air soda. Kebayang kan betapa segarnya berenang di air soda x))

Tentang Timor Leste juga nggak kalah menarik. Mungkin bagi yang lahir 2000-an ke atas, tidak banyak yang tahu jika Timor Leste ini pernah menjadi bagian dari Indonesia dengan nama Timor Timur. Setelah belasan tahun berlalu, bahkan sampai sekarang, Negara ini masih saja susah kehidupan warganya. Padahal kan dulu mereka berharap memisahkan diri dari Indonesia karena ingin merdeka dan mengatur daerahnya. Nyatanya? Yahhh..inilah namanya nasi telah menjadi bubur. Menyesal belakangan.

Keterangan Buku:

Judul                                                     : The Naked Traveler 3

Penulis                                                 : Trinity

Penyunting                                         : Ikhdah Henny

Perancang & ilustrasi sampul      : @Labusiam

Ilustrasi isi                                           : Atomik Studio

Pemeriksa aksara                             : Chalida, Dwi, Intan

Penata aksara                                    : Gabriel

Foto isi                                                  : Koleksi pribadi penulis

Penerbit                                              : B First

Terbit                                                    : 2014 (Edisi II Cetakan Pertama)

Tebal                                                     : 292 hlm.

ISBN                                                      : 978-602-1246-08-5

Share this post:

Related Posts

Comments are closed.

View My Stats