REVIEW Smurf Tales Bind Up

Udah bertekad banget mau beli buku ini pas liat ada seorang teman bookstagram posting buku ini. Entah kenapa, saya suka banget bundel-bundel komik gitu. Sejauh ini, favorit saya adalah bundel Kisah Paman Gober, yang mengulas kehidupannya sejak kecil, dimulai dari bagaimana kali pertama ia mendapatkan uang sampai kelak di hari tua bermandikan uang.

Kembali ke smurf. Selama ini kita tahu bahwa jenis smurf banyak sekali, tapi nggak tahu nama-namanya secara spesifik. Nah, di buku ini, sebelum memasuki cerita, ditampilkan beberapa smurf yang cukup menonjol. Ada Papa Smurf, pemimpin para smurf. Bayi Smurf, seekor bangau menaruhnya di desa smurf pada suatu malam berbulan biru. Smurf Badut, smurf ini menghabiskan waktunya dengan usil pada semua smurf. Smurf Kacamata, smurf ini tak berhenti mengajari smurf lain, makanya kepalanya selalu benjol. Smurfin, smurf cantik ini selalu membuat para smurf jatuh cinta. Smurf Gerutu, smurf ini nggak pernah merasa senang. Smurf Pemusik, dia sangat suka bermain musik, sayangnya bagi telinga yang lain, permainannya sumbang. Smurf Gembul, kalau ada dia, jangan sampai ada makanan tersisa. Smurf Teramil, dia memperbaiki dan menciptakan semua mesin dan perlatan. Smurf Pemalas, ssttt..jangan bangunkan dia ya! x))

Ada beberapa smurf yang dijabarkan awal mula terciptanya mereka. Salah satunya adalah Smurfin, yang sebenarnya diciptakan penyihir jahat Gragamel.

Tujuannya adalah untuk menyusupkan smurf jahat ciptaannya itu ke Desa Smurf. Awalnya, kedatangan smurf aneh itu membuat heboh para smurf. Mereka mengelilinginya dan melihatnya lebih dekat untuk mendengar suara kecilnya juga memperhatikan gerak-geriknya yang lucu. Smurfin melakukan suatu upaya yang cukup jahat, hampir menenggelamkan Desa Smurf. Untunglah hal itu gagal. Untuk menghilangkan pengaruh dari penyihir Gragamel, Papa Smurf melakukan percobaan yang rumit padanya. Dia menaburkan ciptaan Gargamel dengan bubuk misterius demi menjadikan Smurfin, smurf sejati. Hasilnya?!? Smurfin benar-benar berubah dan mebuat para smurf langsung jatuh cinta.

Nggak hanya pada Smurfin, beberapa percobaan yang dilakukan Papa Smurf biasanya selalu berhasil. Dan kerennya, Papa Surf selalu membaca buku sebelum melakukan percobaan-percobaan yang dilakukannya itu:

Ada satu kisah smurf yang cukup menarik. Bernama Smurf Yang Lain Dari Yang Lain. Di desa mereka yang tenang, para smurf sebenarnya hidup bahagia. Semuanya melakukan tugas mereka dengan senang dan ceria. Saat teman-temannya mengajak bermain bersama, ia selalu menolaknya dengan muka sedih dan lelah. Smurf ini memiliki sebuah rahasia. Kehidupan monoton di desa membuatnya bosan. Ia bermimpi ingin pergi jauh dan menemukan suasana baru. Papa Smurf mewujudkan keinginannya dengan ramuan dari percobaannya di laboratorium. Dengan bahagia, smurf yang berbeda dengan smurf lainnya itu berkelana di dalam hutan. Dia merasa bebas dan ingin segera mendaki pegunungan serta menyeberangi lautan. Namun, petualangan tak selalu berjalan mulus. Apalagi, bahaya telah menunggunya. Tak jauh dari situ, ada penyihir jahata, Gargamel ditemani kucing nakalnya, Azrael. Sosok seram itu musuh bebuyutan para smurf. Dari kisah ini sebenarnya ada pesan moral yang terkandung di dalamnya, bahkan apa yang kita lihat indah, belum tentu indah. Mungkin smurf ini ingin keluar dari zona nyaman, apalah daya malah malah harus berhadapan dengan banyak hal, termasuk hal-hal yang membahayakan dirinya kelak.

Selain para smurf, sebenarnya ada beberapa mahluk lain yang muncul di buku ini. Ada sekelompk trolls. Mahluk-mahluk itu ingin keluar di singan hari, namun mereka tidak tahan dengan cahaya. Mereka berusaha membuat perisai ajaib untuk melindungi tubuh mereka dari sinar matahari.

Lalu, ada Verrrukus yaitu mahluk mengerikan yang memanfaatkan elf sebagai budak. Dengan tembakan gelembung, mereka menculik para peri yang kabur dan memaksa mereka kembali ke sang raja.

Pokoknya mah wajib banget punya buku ini. Unyu banget. Cocok buat yang punya anak kecil, bisa dibacain buku ini sebelum menjelang tidur 😉

Keterangan Buku:

Judul                                     : Smurf Tales Bind Up

Penerbit                              : PT. Elex Media Komutindo

Terbit                                    : Desember 2018

Tebal                                     : 319 hlm.

ISBN                                      : 978-602-04-8641-3

Share this post:

Related Posts

Comments are closed.

View My Stats