REVIEW Kintaholic

Kamu itu udah unik dan spesial dari sananya. Nggak usah mengubah diri atau penampilan menjadi sesuatu yang bukan dirimu. Oke? (hlm. 79)

YANIK PRATIVI. Memang cewek paling beruntung. Mengawali debutnya di dunia akting dengan manis dan mulus, memiliki kekasih sesempurna Kinta. Itulah yang selalu ia impikan: menjadi terkenal dan memiliki pacar tjakep. Hal itu lumrah terjadi, Yanik seperti ababil pada masanya, pasti memiliki mimpi yangs ama seperti itu. Kamu pernah juga kan?!? x))

Kisah Yanik dalam buku ini merepresentasikan kisah remaja banget; mengidolakan seseorang sampai berlebihan, bahkan cenderung penuh dengan kehaluan yang hakiki, hahaha… 😀

Banyak hal-hal yang terjadi terhadap Yanik yang memang masih remaja ini. Misalnya, ia ingin sekali memiliki kulit coklat seperti sahabatnya, Lietha. Kenapa? Karena idolanya, Kinta yang berasal dari Jepang pasti menyukai cewek-cewek dengan kulit eksotis, pikirnya. Salah satu jalan pintas yang dilaluinya adalah membeli sebuah lotion. Bukannya berakhir dengan kulit coklat ala-ala, yang ada malah berakhir dengan kulit oranye yang nggak jelas. Maklum lotion murahan, hahaha…

Entah kenapa, dibandingkan dengan Kinta yang dideskripsikan tjakep nan manis, saya lebih suka dengan cowok tipe Aldi, pacarnya Lietha yang meski kelakuannya cenderung jahil, tapi justru bikin ketawa. Cowok macam Kinta itu terlalu sulit digapai. Ada beberapa hal yang menurutku terlalu halu atas kejadian-kejadian yang dilalui Yanik. Misalnya, saat di pesawat dari Jakarta menuju Jepang. Awalnya Yanik duduk dengan Lietha, kemudian berganti dengan Kinta yang duduk disampingnya. Ini naik peswat apa naik bus, bisa gonta-ganti tempat duduk?!? X))

Yanik yang sukses terpilih di jalur casting, tampaknya terlalu mudah untuk ukurannya yang memang masih baru banget. Apalagi ini ukurannya untuk syuting di luar negeri, Jepang. Meskipun di sini dijelaskan jika dia terpilih dengan alasan bisa menguasai Bahasa Jepang. Padahal kan akting nggak hanya butuh itu, tapi juga skill berakting yang paling penting.

Kintaholic, sebutan para fans Kinta yang sangat mengidolakanya. Rasanya saya sampai sekarang pun belum pernah mendengar artis idola dari Jepang, yang memiliki begitu banyak fans di Indonesia. Mungkin di era 90-an, semacam pemeran Satria Baja Hitam, si Kotaro Minami yang diperankan oleh Tetsuo Kurata kala itu. Selepas itu, jarang mendengarnya. Sepuluh tahun ini justru lebih ke Hallyu alias Korea Wave atau Gelombang Korea. Sebuah istilah yang kini merujuk pada popularitas hiburan dan budaya Korea di Asia dan juga daerah lain di dunia. Karena buku ini terbit tahun 2007, mungkin kisah kisah Kinta dan para Kintaholic-nya masih relevan dengan tahun tersebut ya.

Pas liat covernya, kemudian jadi mikir, kok keinget ama pasangan yang viral saat ini ya, yang identik dengan aroma Jepang seperti ini. Padahal buku ini lebih dulu terbit loh, sekitar dua belas tahun yang lalu 😀

Beberapa selipan sindiran halus dalam buku ini:

  1. Kan nggak enak kalau masuk dengan jalur atlet. Kesannya otakku kurang cerdas untuk berusaha masuk lewat jalur akademis. (hlm. 21)
  2. Aku rada takut tinggal kelas. Kamu sih enak, pinter. (hlm. 21)
  3. Kayaknya sifat manusia di seluruh dunia itu sama. Kalau sudah tahu kadang harus bertanya apa kamu baik-baik saja, dan berharap jawabannya ‘ya’. (hlm. 119)
  4. Ternyata dia penakut juga. Sekarang ngakunya sih ke toilet. Jangan-jangan di sana dia muntah-muntah. (hlm. 153)

Keterangan Buku:

Judul                                                     : Kintaholic

Penulis                                                 : Primadonna Angela

Desain & ilustrasi sampul              : maryna@loremipsumdesign.net

Ilustrasi dalam                                   : Esvandiari

Penerbit                                              : PT Gramedia Pustaka Utama

Terbit                                                    : 2007

Tebal                                                     : 248 hlm.

ISBN                                                      : 978-979-22-3205-9

Share this post:

Related Posts

Comments are closed.

View My Stats