REVIEW It’s Who You Know

Berjejaring itu masih penting, namun jejaring kita lebih penting. (hlm. xxvi)

Tidak dapat dipungkiri bahwa membangun suatu generasi pemimpin sangat penting untuk perkembangan dari banyak usaha bisnis, dan meledaknya sosial media telah membuat pencarian situs tertentu semakin mudah, namun apakah hal tersebut memuat jejaring kita menjadi lebih baik lagi?

Banyak yang bisa dilakukan untuk berjejaring selain hanya mengumpulkan likes, teman, hubungan atau kartu bisnis model lama. Untuk benar-benar sukses, dan keluar jauh dari dunia online, kita harus menguasai jejaring kita, baik dalam pekerjaan dan kehidupan kita pada umumnya.

Jejaring yang benar adalah tentang memiliki orang yang tepat dan hubungan yang tepat dalam kehidupan professional dan pribadi kita. Tanpa adanya jejaring sama sekali, kesempatan akan begitu saja lewat, kemungkinan-kemungkinan baru tidak terlihat, pikiran kita mandek, serta mimpi dan aspirasi karier yang dulu kita miliki menjadi tidak terjangkau. Kita mengganti pekerjaan, pindah lokasi dan tiba-tiba kita harus memulai lagi semuanya dari awal. Kita menemukan bahwa berat untuk melalui hari-hari yang sulit, untuk mendapatkan pekerjaan atau promosi, untu menjual ide, untuk mendapat perhatian.

Meledaknya media sosial telah mengubah dunia interaksi langsung secara keseluruhan, membuka kesempatan yang tidak terbayangkan dan cara untuk berhubungan dengan teman, sesama, klien yang sudah ada dan calon klien kita, dan orang yang benar-benar asing di seluruh dunia, semua hanya dengan menekan tombol. Kita menjadi lebih terhubung daripada sebelumnya melalui smartphone kita, internet, pesan singkat dan media sosial.

Media sosial mendorong hubungan satu arah. Update status dan panggilan-panggilan, memasukkan dan dan membagikan secara berlebihan informasi pribadi dan tagar yang bahkan masuk spam sekaligus, membuat kita melihat ‘bagus’, namun terasa ‘buruk’, dan hanya menambahkan sedikit nilai yang sebenarnya bagi hidup kita.

Tentu saja, kita semua berhubungan, namun lebih meningkat di dunia digital dibandingkan dengan dunia nyata dan orang lain. Berjejaring, di sisi lain, bergantung pada komunikasi dua arah: saling bertukar informasi dan nilai.

Richard Branson berkata, “Tidak ada seorang pun yang bisa sukses seorang diri.” Membangun jejaring untuk perkembangan pribadi di abad ke 21 bergantung pada hubungan dan kolaborasi dengan orang yang tepat, saling terbuka membagi pengetahuan dan pengetahuan dengan individu yang benar-benar memahami, pada tingkat yang lebih dalam lagi adalah tujuan dan aspirasi kita dan yang memelihara suatu kepentingan kolektif dalam perkembangan kita sendiri adalah tugas seluruh kelompok. Hanya dengan ketika belajar untuk bergerak bersama, maka kita mulai untuk bergerak dengan cepat.

Dalam buku ini, akan dijabarkan 12 tipe orang disekeliling yang mendukung kita dan juga 12 tipe orang disekeliling yang merusak kita. Saya justru lebih tertarik kepada 12 tipe yang merusak kehidupan kita. Ada PENILAI. Pernah merasa seperti ada seseorang yang selalu menghakimi kita dan semua yang kita lakukan? Kelompok penyerang ini juga memperluas energi negative, tidak hanya menghakimi kita namun semua orang yang berada di dalam jejaring kita. Mereka menghakimi tujuan dan ambisi kita, sama halnya dengan pencapaian dan kesuksesan kita. Kedua, ada SKEPTIK yang ingin membuat kita jatuh sebelum kita meraih terlalu banyak. Mereka percaya ide kita tidak berguna, memberikan asupan bagi rasa takut batin kita, dan mendatangkan malapetaka bagi kecemasan dan tingkat stress kita. Mereka ada di kejauhan sana melihat dan menunggu, dan mereka menyukainya ketika mereka dapat berkata, “apa yang sudah saya bilang”. PEMBERI LABEL, menempatkan kita dalam sebuah kotak dengan suatu nama kecil di kotak itu serta membuat batasan bagi kita “kamu terlalu junior”. Selanjutnya, ada PETARUNG yang melawan kita setiap langkah kita sepanjang jalan menuju kesuksesan. Mereka menahan kita dengan tujuan membuat kita jatuh bersama mereka. Mereka tidak tahan melihat kita mencapai sesuatu ketika mereka tidak. PEMBOHONG. Siapa yang tidak memberitakuan kia tentang yang sebenarnya? Siapa yang sengaja berbohong bagi keuntungannya sendiri? Pembohong dengan sengaja menahan informasi penting dari kita. Akan selalu ada alasan, dan ketika mereka telah kehabisan alasan biasanya akan diam. Hal ini mengarahkan pada rasa frustasi dan kecewa. KRITIK, mereka adalah yang menutup tujuan, rencana, ide, pikiran dan tindakan kita bahkan sebelum dimula. Mereka mengkritik rencana kita, mengisi kepala kita dengan hal negatif yang tidak masuk akal dan opini yang kurang akan barang bukti atau bahan.

Keterangan Buku:

Judul                     : It’s Who You Know

Penulis                 : Janine Garner

Penerbit              : Elex Media Komputindo

Terbit                    : 2017

Tebal                     : 253 hlm.

ISBN                      : 978-602-04-5077-3

Share this post:

Related Posts

Comments are closed.

View My Stats