Review Buku Melodi Senin by Yuukagem (Giveaway dan Blogtour)

Review Buku Melodi Senin by Yuukagem (Giveaway dan Blogtour)


Judul Buku : Melodi Senin
Pengarang : Yuukagem
Penerbit : Laksana Fiction
Terbit : 2019
Tebal : 204 hlm.
ISBN : 978-602-407-460-9



Blurb :


Yuka Efelin, anak kelas 2 IPA 1
Dijuluki si Buronan Senin. Punya kebiasaan membolos dengan memanjat tembok belakang sekolah. Sering dikejar-kejar dan diberi hukuman oleh Pak Yogas.

Heru Fernandes, anak kelas 2 IPS 1
Playboy sekolah. Harus punya pacar dan putus sebelum seminggu lalu menebar virus cinta lagi. Menjadi tempat pendaratannya Yuka saat jatuh.

Pak Yogas, guru sejarah
Selalu memikirkan hukuman untuk dua muridnya itu, maksudnya biar kapok, lalu mereka kembali ke sekolah dan mengikuti pelajaran.

Di tengah-tengah padatnya pelajaran di sekolah, Yuka yang bekerja di toko roti demi membiayai kuliahnya kelak, masih memikirkan cara untuk tetap bertahan di kelas unggulan. Tentu aaja dibarengi hukuman dari Pak Yogas yang menjadi pengejar setianya saat bolos, juga seorang “pengejar” yamg tak kenal lelah lainnya.

Resensi buku :


Bolos sekolah di hari Senin? No way! Tapi nggak buat Yuka karena ia harus melakukan suatu tugas yang nggak bisa digantikan oleh orang lain. Yuka mau tak mau harus merelakan jam belajarnya terpotong demi masa depannya. Tapi gimana kalau Yuka kedapatan membolos bareng anak lain? Apa mereka komplotan? Apa mereka janjian bolos?

Heru anak sekolah SMA 1 Karya sering membolos dengan memanjat pagar sekolah. Tak disangka hari itu Heru dan Yuka saling berebut keluar sekolah. Berlari hingga saling bertubrukan. Kali ini dua anak tukang bikin masalah itu dikejar-kejar oleh Pak Yogas. Keduanya kena hukuman membersihkan mushola dan merangkum pelajaran.

Yuka menjadi gadis yang berbeda setelah perceraian ayah dan ibunya. Baginya, bertahan hidup tanpa kasih sayang keduanya pun sudah membuatnya berubah drastis. Yuka yang dulu ceria dan selalu menjadi anak pintar di sekolah, mendadak menjadi si pembuat masalah. Yuka jadi makin sering mmebolos tanpa alasan. Apalagi kegiatan membolosnya ini diketahui oleh Pak Yogas, guru sejarah yang memergokinya melompati pagar sekolah.

Yuka yang dulu dikenal sebagai gadis manis, kini menjadi buronan senin. Ada apa dengan Senin? Kenapa Yuka selalu membolos di hari itu, bukan hari lainnya? Kenapa Yuka nggak mau memberi alasan kenapa ia membolos?

Pertanyaan demi pertanyaan menghantui Pak Yogas karena ia selalu mendapati Yuka membolos di awal minggu. Kalau satu dua kali tak masalah, tapi rekor membolos Yuka membuatnya hampir dikeluarkan dari jajaran anak kelas unggulan. Apalagi Yuka adalah anak kelas IPA. Banyak pelajaran yang harus dipelajarinya agar tidak terdepak dari jajaran anak-anak kelas elit. Yuka bahkan sempat tertidur saat ujian. Kalau Yuka tak bisa membuktikan bahwa dirinya masih layak di kelas unggulan, maka ia akan dipindahkan ke kelas lain.

Berbeda dengan Yuka, Heru si playboy kelas ikan cue ini sering membolos karena bosan dengan pelajaran. Baginya membolos memicu adrenalinnya. Tiap dikejar-kejar pak Yogas, dia bahagia, bukannya sedih. 😅 Heru yang dikenal sebagai playboy juga sering pacaran dalam waktu singkat, kurang dari seminggu dia pasti memutuskan pacarnya. 😂

Apa jadinya jika dua Buronan Senin itu harus menyelesaikan tugas yang diberikan pak Yogas. Kalau tidak, ia akan mendapat sangsi berat dari sekolah.

Di sisi lain, ada Adit, si ketua OSIS yang naksir Yuka sejak masih SMP. Adit yang sahabatan dengan Heru kaget karena baru tahu Yuka tukang bolos. Masa ketua OSIS pacaran sama tukang bikin onar?

Masalah demi masalah bermunculan hingga membuat persahabatan Adit dan Heru semakin rumit. Akankah Yuka memilih salah satu di antara keduanya? Trus gimana nasib para Buronan Senin yang bikin hari-hari di SMA jadi makin berwarna?

🌼🍃🌼🍃🌼🍃




Masa SMA bisa dibilang masa yang paling bikin bahagia. Persahabatan yang terjalin lebih intens dan seru karena anak-anak SMA ada di fase mencari jati diri. Sering liat temen sekelasmu bolos sekolah? Bisa jadi dia sedang krisis identitas.

Tak semua yang terlihat di depan mata seperti yang kita pikirkan. Ada anak-anak yang bertahan hidup dengan memendam masalahnya sendiri, seperti Yuka, Heru dan Adit. Yuka dengan dampak trauma perceraian orang tuanya, membuat ia tak mudah percaya dengan kata cinta. Heru yang sering membolos dan playboy sebenarnya haus kasih sayang dari orang tuanya yang sangat sibuk. Dan Adit yang berjuang dengan sakitnya

Anak-anak remaja adalah fase di mana kita masih mencari jari diri. Mencari figur di tengah rumitnya kehidupan. Jika Yuka disibukkan dengan pekerjaan paruh waktunya, Adit justru disibukkan dengan menjadi ketua OSIS. Bukti bahwa Adit tak mau sakit menjadi penghalang baginya untuk tetap berkarya di organisasi sekolah. Ya, meskipun dengan keterbatasan yang tak mudah.

Saat remaja punya masalah mereka nggak tahu mau cari solusi ke mana. Di sini peran guru haruslah menjadi sebuah titik balik agar anak remaja menemukan tempat ternyaman untuk berkisah dan berkeluh kesah.

Di novel Melodi Senin ini selain ceritanya yang seru khas anak-anak remaja, celetukan yang tercipta juga tanpa bullying. Penulis membuat julukan yang lebih manusiawi dibanding buronan senin yaitu Bu Nin. Ini terjadi saat sahabat Yuka menyebutnya sebagai Bu Nin alias buronan senin. Nggak frontal menyebut Yuka sebagai tulang bolos, karena sahabatnya kenal Yuka. Yuka nggak akan bolos tanpa alasan yang jelas. Di sinilah pentingnya seorang sahabat untuk nggak memojokkan sahabatnya ketika ada masalah.

Yuka juga tetap serius belajar meskipun di tengah keterbatasan uang yang ia miliki. Yuka punya karakter yang anti mainstream. Ia nggak akan melawan ketika diberi hukuman. Bahkan meskipun hukumannya harus bersihin mushola atau ngerangkum pelajaran.

Beda dengan Yuka, ada Heru yang diam-diam perhatian, tapi suka gengsi buat mengakui. Karakter Heru ini playboy plin plan. Dia sering sengaja cari pengganti cewek demi memenuhi kekosongan jiwanya karena ketiadaan sosok orang tua dalam masa remajanya. Beruntungnya Heru dekat dengan Adit yang pintar. Jadi meski ia sering bolos, tapi ia nggak malas belajar. Ia mau mencari tahu pada teman-temannya yang pintar kalau pelajaran yang ia pelajari nggak ia pahami. Beda kan sama anak-anak nakal yang biasanya tukang nyontek. Nah ini enggak. Heru dan Yuka sama-sama tetap belajar meski sering ketinggalan pelajaran karena bolos sekolah.

🌼🍃🌼🍃🌼🍃

Ada kalimat yang saya suka di novel ini :

  1. "Kedua orang tua gue saling cinta, tapi pada akhirnya bercerai. Kemana cinta mereka? Ke mana janji mereka untuk saling menyayangi? Ke mana janji untuk tetap bersama dalam keadaan apa pun? Dan sekarang, Kakak mau saya jadi pacar Kakak karena cinta? Cukup, kak. Tolong jangan ngasih harapan dan cinta yang pada akhirnya nggak berarti apa-apa.” (hlm. 99)
  2. “Kebanyakan membolos bikin lu sensitif gini. Dikit-dikit ngambek. Dikit-dikit ngambek.” (hlm. 115)
  3. "Wah, parah. Pas orangnya di kelas, giliran pikirannya yang membolos. Hoooi, tukang mengkhayal.” (hlm. 122)
  4. “Karena gue bukan siapa-siapanya Yuka, gue lebih sensitif ketika dengar apa pun tentangnya. Dan mendengar seseorang berbicara tentangnya.” (hlm. 123)
  5. “Apa salahnya kalau gue membantu sifat pengecut lu? Yuka nggak akan peka dengan perhatian-perhatian yang elu berikan. Cewek perlu pengungkapan juga, Dit.” (hlm. 127)
  6. “Gue nggak pernah ragu dengan persahabatan kita, sekali pun situasi sekarang berbeda, gue masih menganggap lu sebagai sahabat.” (hlm. 130)
  7. “Berhenti bersikap seperti cowok baik-baik di depan gue. Playboy tetap aja playboy. Lu kira pandangan orang lain langsung  berubah saat lu memperlakukan pacar lu yang sekarang sedikit berbeda dengan yang sebelumnya?” (hlm. 150)
  8. “Yang menjadikan lu cowok brengsek adalah diri lu sendiri. Selagi ada kemauan untuk berubah, lu pasti bisa menjadi cowok yang baik.” (hlm. 162)
  9. “Biasanya kita merasa baik setelah mengunjungi tempat yang menyenangkan atau yang kita suka.” (hlm. 175)
  10. “Lu terlalu mudah ngomong cinta dan terlalu mudah juga untuk meralat kata-kata itu.”(hlm. 180)


🌼🍃🌼🍃🌼🍃

Nah, kini saatnya Giveaway! 😎

Kali ini saya akan membagikan 1 novel Melodi Senin gratis untuk pembaca blog ini yang mengikuti giveaway Melodi Senin. 😍





Aturan giveaway dan blog tour Melodi Senin :


  1. Follow twitter @laksana_fiction dan @ila_rizky. Jika tidak ada twitter silakan like FB “Penerbit DIVA Press” atau IG @penerbitdivapress dan @ilarizky
  2. Follow blog Resensi Kiky ini (klik ikuti) atau subscribe dengan memasukkan alamat emailmu.
  3. Share link postingan ini di twitter dan mention @ila_rizky @laksana_fiction dengan hastag #GAMelodiSenin
  4. Jawab pertanyaan ini di kolom komentar : “Apa yang membuatmu jatuh cinta pada seseorang?”
  5. Pemenang akan dipilih sesuai dengan jawaban yang diberikan. Jadi berikan jawaban yang bikin hati saya meleleh ya. 😛
  6. Giveaway Melodi Senin ini hanya untuk peserta berdomisili di NKRI. Ongkir pengiriman ditanggung penerbit. Jadi kamu tinggal duduk manis di rumah menunggu kurir mengirim paket hadiahnya. 😉v
  7. Giveaway Melodi Senin berlaku mulai tanggal 25 Maret - 31 Maret 2019 jam 23.59. 
  8. Pengumuman pemenang maksimal 2 hari setelah Giveaway selesai yaitu tanggal 2 April 2019. Jika dalam waktu 1x 24 jam tidak ada kabar dari pemenang setelah dihubungi, maka akan diberikan pada orang lain. 😊
  9. Foto buku hadiahnya jika sudah sampai yakni  novel Melodi Senin dari DIVA Press.😄(wajib ya gaess 😘)
  10. Format jawaban : 

Nama :
Akun socmed : @
Domisili :
Link share :
Jawaban :



Jika belum beruntung memenangkan hadiahnya, kamu bisa ikuti jadwal Blogtour selanjutnya di blog Ade Delina mulai tanggal 1 - 7 April 2019 (Diary Gamophobia). 😊

Nah, selamat mencoba. Good Luck! 😘

🌼🍃🌼🍃🌼🍃

Terima kasih untuk teman-teman yang sudah ikut giveaway Melodi Senin karya Yuukagem.

Pemenangnya adalah


FATHIA RIZKIAH@Fath_vath


Silahkan kirimkan nama, alamat, no hp yang aktif ke email sabilla.arrasyid@gmail.com atau ke DM twitter saya @ila_rizky

Buku akan dikirim oleh penerbit ke alamat rumahmu. 😊

Bagi yang belum beruntung, kamu bisa ikut blogtour berikutnya di blog http://delinabook.wordpress.com

Thank you untuk partisipasinya ya teman-teman. 💞🎉😍

Share this post:

Related Posts

Comments are closed.

View My Stats