Review Buku : Guardianship – Renita Nozaria



Judul: Guardianship
Penulis: Renita Nozaria
Penerbit: PT. Bukune Kreatif Cipta
Tebal: 382 hlm
Cetakan ke-1, Juli 2019
ISBN: 978 - 602 - 220 - 326 - 1

BLURB

Bayangkan jika seseorang dari masa lalu tiba-tiba saja muncul di kamarmu. Aneh? Atau biasa saja? Lalu bagaimana jika orang itu mengaku bahwa ia sebenarnya telah meninggal? Hal ganjil inilah yang dialani Kisa Eden Philomena. Sosok Emir--cinta masa SMP--menemui dengan alasan menunaikan tugas sebagai guardian angel bagi Eden


Hari-hari Eden menjadi begitu ribet karena instruksi-instruksi Emir--yang katanya sih, untuk melindunginya--malah sering berujung kesialan. Seakan itu belum cukup, Eden masih harus rela hidupnya diacak-acak oleh kehadiran tiga cowok super aneh yang ternyata masih punya hubungan saudara; Sentranala Dirgantara, Rasi Gemintang, dan Sabda Akasara.

Satu hal yang selalu Emir ingatkan ke Eden, seolah dampak semua ini dari bencana adalah: Eden tidak boleh jatuh cinta dengan salah satu dari ketiga cowok tersebut.

SINOPSIS

Setra, Rasi, dan Sabda adalah saudara kandung. Sejak kematian sang Mama, ada jarak yang begitu lebar di antara mereka. Ada kebencian, kemarahan, sekaligus kasih sayang di antara mereka yang ironisnya memparah hubungan itu.

Eden, adalah gadis biasa yang secara tiba-tiba kedatangan guardian angel bernama Emir, dan bertugas melindungi Eden dari kesialan akut bawaan sejak lahir.

Emir adalah cinta pertama Eden saat SMP. Kematiannya mengantarkan dia menjadi guardian angel bagi Eden dan menemaninya setiap saat. Intruksi yang diberikan kepada Eden untuk menghindarkan Eden dari kesialan yang berakibat buruk padanya. Tapi setiap kali Eden mengikuti saran Emir, malah makin mendekatkannya kepada Setra, Rasi dan sabda.

Kehadiran Eden di antara ketiga cowo tersebut pun menimbulkan sesuatu yang disebut kebahagiaan. Entah bagaimana Eden berhasil menyatukan ketiga saudara tersebut dan melupakan kepahitan yang ada di antara mereka.

Emir selalu menegaskan, untuk tidak jatuh cinta pada mereka bertiga. Tapi mampukah ketiga cowo tersebut untuk tidak jatuh cinta pada Eden?


REVIEW

Novel young adult ini bagus sekali menurut aku. Berkisah tentang keluarga. Walaupun ditulis dengan sederhana dan karakternya sering dipakai pada novel YA lokal yang ada; Setra yang bijak, Rasi yang narsis dan Sabda yang galak dan bermulut pedas, di pertemukan dengan Eden yang pantang menyerah

Jadi ketika Eden bersama Setra, dia bisa berubah jadi cewe manis nan manja yang suka malu-malu ditatap Setra

Ketika bersama Rasi, Eden bisa galak maksimal untuk menyingkapi kenarsisan Rasi yang bikin Eden muak

Ketika bersama Sabda, yang notabene bermulut pedas, Eden menjadi cew penurut yang selalu serba salah. Karena Sabda cowo pintar, jadi Eden kebanyakan nurut sama ide-ide ya g diajukan Sabda

Dan ketiga cowo tersebut, menjadi nyaman bersama Eden

Lihat kan, karakternya sering muncul pada novel ala-ala teenlit lokal? Bagusnya, kombinasi mereka berempat malah bikin lucu banget. Ada aja kelakukan mereka yang bikin ngakak, apalagi Eden yang kadang "Ya Lord, kok gue apes banget?" gitu wkwkwk

Meski begitu, Penulisnya konsisten mempertahankan karakter masing-masing tokoh sampai akhir. Dengan novel setebal hampir 400 halaman, menurut aku itu keberhasilan sendiri buat penulis muda.

Alurnya juga bagus dan rapi banget. Nggak nyangka sih bisa sebagus itu alurnya, dilengkapi flashback yang makin menguatkab emosi masing-masing tokoh.

Cuma, aku kurang sreg sama dialognya yang terkadang masih terkesan centil (apalagi kalau dialog cowo) atau diselipi humor garing.

Tapi kelemahan novel ini juga ada, diantaranya;
1. Typo
2. Beberapa kata yang tidak beraturan, menyebabkan kalimatnya gak enak dibaca. Malah makin mau habis, makin banyak kesalahan seperti ini
3. Penggunaan tanda baca yang tidak tepat
4. Bahasa asing yang tidak dicetak miring

Overall, ini novel bagus banget. Sederhana, ringan dan menghibur jadi bacaan ringan. Meski bukan bergenre romance, tapi novel ini mampu mengaduk emosi pembacanya

Oh ya, novel ini ada sekuelnya. Aku curiga sih buku kedua Guardiationship baru bergenre romance, karena ending novel pertama, Setra khawatir persaudaraan mereka retak lagi

Tapi tenang aja, aku bakal review juga kok buku keduanya di blog dan di ig-ku @ntarienovrizal_

Sampai jumpa

Jangan lupa membaca dan selalu membeli buku original ya

Neneng Lestari

Share this post:

Related Posts

Comments are closed.

View My Stats