[Review] Affectum by Nessa Theo | Giveaway

Judul: Affectum
Penulis: Nessa Theo
Penerbit: El-Markazi
Pemeriksa aksara: R. Tris Sella
Penyunting: Laura Ariestyanti
Desain cover & penata letak: Nessa Theo
Ilustrasi isi: Team Pixabay, Nessa Theo
Cetakan: Pertama
Terbit: Maret 2017
Tebal: 133 Halaman
Terbitan: Maret, 2017
ISBN: 978-602-677-746-1

BLURB

Aku berumur delapan tahun tatkala mendengar tentang cinta. Kupercaya bahwa cinta adalah sesuatu yang sederhana, pembawa kebahagiaan, dan kupercaya bahwa kisah cintaku nanti akan berakhir indah. Sebagaimana sang pangeran mendadak jatuh cinta kepada Putri Salju lewat pandangan pertama, atau kepada Cinderella dengan satu kali dansa.

Delapan tahun lainnya terlewat. Dan aku belajar, bahwa cinta adalah penundaan lara.

*

8 kisah, 17 puisi

Kumpulan prosa dengan lingkup klaustrofobik yang mengantarmu ke dalam kepala orang-orang. Menikmati kata dalam ranah pikiran, menghayati rasa dalam tiap detak.

Dengarkanlah mereka bercerita.

REVIEW

Menurut info yang saya dapat dari penulisnya saat pertama kali beliau mengirimkan surel pada saya, buku berjudul Affectum ini diterbitkan secara vanity-publish serta berisi kumpulan cerpen dan puisi. Di dalamnya, ada pula desain grafis atau ilustrasi yang didominasi warna hitam dan putih untuk meningkatkan sensasi membaca. Tebalnya memang hanya 133 halaman, tetapi saya yakin untuk kalian yang suka baca cerpen dan puisi pasti bisa menghabiskannya dalam waktu satu atau beberapa jam saja. Walau begitu, penulis sangat berharap buku ini dapat meninggalkan kesan yang istimewa bagi pembacanya.

Sebelum saya mulai baca isinya, saya sempat memikirkan mengapa buku ini diberi judul Affectum? My mistake, kenapa tidak tanya sekalian saja dengan penulisnya, ya? Tapi, apa pun arti dan makna yang terkandung di dalamnya, nantinya akan terungkap sendiri setelah kita membaca isi bukunya.

Ada 8 cerpen dan 6 puisi utama di dalamnya. Berikut ini adalah daftarnya:

• Cerpen
1. Malam Ke-82, dari apa yang aku tangkap seperti sedang mengisahkan seekor burung yang ingin mencapai bulan.
2. Satu Meter, yakni tentang seorang pengagum yang hanya bisa terus-terusan memperhatikan seseorang yang disukainya tapi tak pernah kurang dari satu meter.
3. Dia dan Seonggok Malam, berisi tentang pertemuan lelaki dengan seorang perempuan yang sedang menikmati malam dan membuatnya mencintai malam.
4. Kesempurnaan Semu, mengenai seorang murid lelaki yang serba sempurna namun sebenarnya ia tidaklah sempurna dan tak bisa benar-benar diuntungkan dengan kesempurnaannya itu.
5. Katalogia, adalah tentang seorang pegawai toko buku & ATK yang diam-diam menyimpan rasa terhadap gadis pengunjung yang selalu kikuk di depan mesin katalog (pengecek harga).
6. Naungan Gulita, yaitu tentang pilihan dan perbedaan agama.
7. Aksara untuk Lara, adalah tentang seorang lelaki dan seorang perempuan yang menjadi penawar satu sama lain.
8. Melewatkan Titik Temu, yakni mengenai tumbuhnya cinta di antara dua orang pemusik.

• Puisi
1. Penantian
2. Affliction (puisi dalam bahasa Inggris)
3. Denganmu
4. Aku dan Bumi
5. Telah Tenggelam
6. Kenikmatan Hampa

LET’S PEEL IT…

Untuk saya pribadi, saya sebenarnya lebih menikmati bagian cerpennya daripada puisinya. Mungkin karena saya agak sulit menangkap maksud dibalik sebuah puisi, jadinya agak lemot hehe. But those are very good. Sebagai orang yang tidak pandai memaknai puisi, saya tetap suka dengan puisi yang disajikan, tapi saya tidak bisa kasih banyak komentar karena bukan 100% penikmat puisi.

Oh ya, saya juga impressed dengan puisi yang ditulis dalam bahasa Inggris. Saya nulis kalimat biasa dalam bahasa Inggris saja masih suka kagok, apalagi kalau bikin puisi berbahasa Inggris. Bisa-bisa jatohnya jadi garing. 😄

Cerpen yang paling jadi favorit saya adalah SATU METER. Alasannya karena wanita yang dibicarakan di sana persis seperti saya sendiri. Ya, saya merasa sedang bercermin dengan tokoh wanita yang sedang dibahas itu. Bahkan dulu ada orang yang berkata jujur sama seperti narasi di cerpen itu tentang saya kepada saya. Yeah, so it’s quite relatable, especially for myself.

Cerpen kedua yg saya suka adalah KESEMPURNAAN SEMU. Saya langsung bisa paham apa yang coba disampaikan oleh penulis lewat penggalan kisah hidup Ree sebagai manusia yang dikategorikan sempurna. Ia memang sempurna, namun juga ironis dalam waktu yang bersamaan.

Tentunya, cerpen yang lain punya makna dan pesannya masing-masing. Ini salah satu hal yang saya suka dari cerpen. Mereka itu singkat, namun to the point dan ‘ngena’ tanpa harus banyak penjabaran. Makna yang dalam mampu membuat kita merenung sejenak. Cerpen-cerpen di sini pun demikian. Saya jadi rindu ingin baca buku kumcer lagi.

Antara cerpen-cerpen dan puisi-puisi di sini seperti mempunyai benang merah yang sama. Tema cerita serta ilustrasinya sangat mendukung sehingga membuat pesan-pesan itu tersampaikan dengan baik pada saya sebagai pembaca. Rata-rata, cerita dan puisi di sini tentang kehampaan, kesepian, dan kegamangan.

Tapi, karena buku ini menyertakan grafis dan penggalan quote khusus dalam 1 halaman tersendiri, agaknya terasa repetisi. Beberapa quote itu ada yang sudah disebutkan di halaman sebelumnya. Walau pun dapat dimengerti kalau maksudnya bisa jadi sebagai penegasan untuk quote yang paling menyentil. Menurutku, itu saja kekurangnya. Secara packaging memang terkesan boros (seperti ada 1 halaman yang cuma berisi tulisan “Hanya satu meter”), tapi secara keseluruhan isinya keren dengan diberi gambar dan background seperti itu. Benar-benar mengundang hasrat untuk segera dihabiskan. 🙂

OVERALL RATING
★★★☆☆


GIVEAWAY

Sang penulis, Nessa Theo, telah menyiapkan 1 eksemplar buku AFFECTUM untuk 1 orang pemenang yang beruntung di giveaway kali ini. Kamu suka baca cerpen? Kamu suka puisi? Nah, kamu wajib banget ikutan di sini. Caranya? Ayo simak syarat dan ketentuannya berikut ini.

1. Punya alamat kirim di wilayah Indonesia.
2. Follow blog ini lewat akun WordPress atau via email. Klik tombol follow yang ada di sidebar pojok kanan bawah.
3. Bagi yang punya LINE, add akun penulis di @nuw0238b dan like 5 posts terakhirnya di sana.
4. Share info giveaway ini di sosial media punyamu, bebas mau di mana saja, dengan cara menyertakan salah satu photoquote berisi kutipan favoritmu yang sudah saya sediakan di atas.
– Jika di facebook: upload salah satu pic itu dengan menyertakan link post giveaway ini, cantumkan hashtag #AffectumGA.
– Jika di twitter: upload salah satu pic itu dengan menyertakan link post giveaway ini, cantumkan hashtag #AffectumGA dan mention saya di @murniaya.
– Jika di instagram: upload salah satu pic itu dengan caption yang berisikan info sedang berlangsung giveaway buku Affectum di blog saya. Sertakan hashtag #AffectumGA dan tag saya di @murniaya.
5. Giveaway kali ini nggak pakai pertanyaan. Nanti pemenang akan saya pilih dengan random.
6. Untuk keperluan pendataan peserta, tuliskan di kolom komentar di bawah ini berisikan nama kamu, ID sosmed yang digunakan, domisili, dan link share yang tadi.
7. Giveaway berlangsung selama seminggu saja, saya tunggu partisipasimu sampai tanggal 27 April 2017 pukul 23:59 WIB.
8. Pemenang akan saya umumkan paling lambat 3 hari setelah giveaway ditutup.

Itu saja. Nggak susah kan? 😀 Kalau masih ada rules yang membingungkan, for fast response jangan sungkan tanya langsung ke saya lewat mention/DM di twitter atau instagram.

Saya tunggu banget keikutsertaan kamu, ya. Ingat, giveaway-nya hanya berlangsung selama seminggu, jadi pastikan kalau kamu nggak ketinggalan. 1 orang pemenang nanti berhak mendapatkan 1 buah buku AFFECTUM yang akan dikirim langsung oleh penulisnya.

Nah, tunggu apa lagi? Jangan lupa berdoa yang banyak. Selamat ikutan dan good luck! 😉


Filed under: book, fiction, giveaway, kumcer, photo quote, puisi, quiz, quote, review, slice of life Tagged: book, fiction, giveaway, indonesia, photo quote, puisi, quiz, quote, review

Share this post:

Related Posts

Comments are closed.

View My Stats