REVIEW 6 Things U Don’t Have Enough

Waktu yang kita gunakan untuk hal-hal yang produktif dan bermanfaat akan membuat kita menjadi lebih baik dan lebih siap diri. Sebaliknya waktu yang kita gunakan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat tanpa kita sadari akan habis begitu saja, terbuang dengan cuma-cuma. Waktu menjadi sangat berharga manakala kita gunakan untuk hal-hal yang bermanfaat karena menghasilkan sesuatu yang bernilai. Waktu juga menjadi sangat berharga ketika menjadi sangat pendek karena sebelumnya kita menyia-nyiakan.

Meskipun waktu adalah sesuatu yang berputar, tetapi waktu adalah sebuah ‘konstanta’ atau sesuatu yang bersifat tetap yaitu 24 jam dalam sehari. Bergantung kepada kita adalah bagaimana kita membagi-bagi waktu dan mengisinya dengan berbagai kegiatan yang menurut kita bermanfaat.

Sesungguhnya dalam hal uang maka banyak atau sedikit jumlhanya bukan masalah yang utama. Yang terpenting tentu saja adalah jumlah yang cukup untuk menutup setiap kebutuhan kita sesuai dengan kebiasaan kita masing-masing. Apabila uang kita tidak banyak maka kita harus mengatur setiap pengeluaran kita agar uang yang kita miliki cukup. Uang adalah sesuatu yang tidak mudah dikelola. Yang terpenting adalah agar kita tidak berada dalam keadaan ‘besar pasak daripada tiang’.

Utang bisa terjadi bukan hanya karena memenuhi kebutuhan saja. Utang bisa juga berawal dari kesombongan kita dalam mengatur gaya hidup kita. Gaya hidup kota besar biasanya sangat membutuhkan banyak uang. Makan di restoran atau belanja di mal sering berakhir dengan habisnya uang belanja yang mestinya dihemat untuk sebulan.

Akal memang menjadi hal yang utama yang membangun harga diri manusia, namun sering kali kita menyadari kualitas ini. Sesungguhnya setiap manusia dikaruniai akal yang sama. Tetapi akal ibarat sebuah pisau. Dia akan menjadi tajam bila digunakan dan diasah, sebaliknya akan tumpul apabila tidak digunakan dan diasah.

Hal-hal baru yang kita lakukan yang bersumber dari ide-ide baru dapat menambah gairah tertentu dalam hidup kita. Kreativitas juga sangat bermanfaat dalam dunia pekerjaan atau karier seseorang. Kreativitas tidaklah merupakan hal-hal yang besar dan mahal. Kreativitas justru merupakan hal-hal kecil yang tampaknya sepele tetapi pengaruhnya bisa sangat besar terhadap kerja seseorang.

Kreativitas juga tidak hanya dimiliki oleh orangv-orang dewasa. Bahkan anak-anak balita pun memilikin kreativitas. Tentu saja kreativitas bisa ditumbuhkan pada mereka. Para orangtua berusaha memberikan kepada anak-anaknya yang masih balita permainan-permainan yang memicu kreativitas. Hal ini disebabkan karena orangtua menganggap kreativitas adalah penting. Kreativitas juga mencerminkan kecerdasan anak-anak tersebut yang berguna kelak dalam pembangunan dirinya.

Kreativitas dan inovasi diciptakan orang bukan hanya untuk menghilangkan kejenuhan tetapi untuk meningkatkan gairah kerja dan bertahan dalam persaingan usaha yang sangat keras. Manusia sudah diberi kecerdasan akal oleh Yang Maha Kuasa dengan porsi yang sama. Yang berbeda adalah bagaimana caranya seseorang melatih dan menggunakan kecerdasan akalnya. Mereka yang berhasil adalah orang-orang yang secara terus-menerus memikirkan dan melakukan sesuatu yang baru dan baru.

Di samping dengan hal-hal yang kita alami, kita juga merasakan sesuatu karena interaksi kita dengan orang lain. Misalnya, kita bisa merasakan kehangatn atau sebaliknya dinginnya sikap seseorang terhadap kita. Kita bisa merasakan kebaikan dan ketulusan seseorang atau memahami kesulitan orang lain. Pengertian dan pemahaman kita terhadap orang lain inilah yang disebut dengan ‘Empaty’. Dalam hubungan kita dengan orang lain inilah kita bisa merasakan adanya kejujuran, kesabaran dan perasaan-perasaan simpati dan lain sebagainya.

Kejujuran menghasilkan keeimbangan pada setiap tindakan kita. Bila kita melakukan sesuatu yang berhubungan dengan orang lain atau lingkungan dan tindakan kita tidak menimbulkan gejolak maka setidaknya kita tidak merugikan orang lain. Kita berada di zona aman di sana. Tetapi bila kita teruskan dan dampaknya memberi rasa tidak nyaman maka kita harus waspada. Karena di sana mungkin ada ketidakjujuran, bisa pada tindakan kita, bisa pada diri orang lain. Tetapi bila kita mampu bertindak lebih bijak dan lebih jujur, mau mengerti kekurangan orang lain, tindakan ini akan memberikan rasa aman pada orang lain dan bahkan mendorong orang untuk jujur seperti kita. Semuanya itu kembali ke hati (rasa).

Salurkan energi kita melalui ketrampilan kita, apakah itu ketrampilan yang sesuai dengan akrier kita atau sebagai sebuah hobi. Ketrampilan adalah sesuatu media untuk menyalurkan energi kita. Semakin kita baik dalam ketrampilan maka semakin terbuka kesempatan untuk maju. Gabungan antara energi dan ketrampilan dapat menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Saat kita benar-benar menyukai apa yang kita lakukan sesungguhnya energi kita akan mengalir bagaikan air sungai tanpa berhenti. Kita mungkin dapat menghanyutkan apa saja yang menghalangi kita.

Tetapi kita juga harus berhati-hati. Dalam hidup ini ada banyak anak muda yang menyalurkan energinya untuk ssuatu yang negatif. Bukankah banyak mereka yang awalnya menganggap dirinya hebat dan akhirnya terjerumus karena minuma keras dan narkoba? Tanpa terasa energi mereka menjadi orang yang tidak memiliki energi untuk bertahan hidup sekalipun. Sebab kesehatan adalah hal yang utama.

Beribadah adalah menjalankan kewajiban kita sebagi manusia yang sudah diberi karunia menjadi mahluk Allah yang paling disayang, mulia derajatnya dan paling mirip dengan Allah sendiri. Kita dikaruniai akal dan rasa sehingga bisa merasakan sedih dan gembira, bisa membedakan mana yang baik dan yang buruk. Dengan karunia ini seharusnya kita berkomitmen untuk mengubah.

Waktu, uang, akal, hati, kesehatan dan ibadah yang dijabarkan di atas adalah enam yang tak pernah cukup kita miliki.

Keterangan Buku:

Judul                     : 6 Things U Don’t Have Enough

Penulis                 : Gunadi Getol

Penerbit              : PT Elex Media Komputindo

Terbit                    : 2013

Tebal                     : 82 hlm.

ISBN                      : 978-602-02-2676-7

Share this post:

Related Posts

Comments are closed.

View My Stats