Proyek Baca Buku Perpustakaan 2019: Master Post

bacabukuperpus2019-1

Hurrayyy!!! Proyek Baca Buku Perpustakaan yang digagas sama Mba Ira akhirnya dilanjutkan juga di tahun 2019. Lantas, apakah aku akan join lagi? Oh tentu saja! Proyek ini sudah jadi semacam auto-reading project buatku, pasti akan selalu kuikuti sampai kapanpun (Semoga gak terkesan gombal ya^^). Berarti tahun ini sudah tahun ke-4 aku mengikuti proyek ini. Rasanya senang sekali, karena aku pribadi memang suka sekali membaca dan meminjam buku di perpustakaan atau mini library RPTRA dekat rumah. Ditambah lagi, sekitar 2 tahun belakangan ini mulai marak aplikasi digital library lokal. Hal ini tentunya sangat membantuku menekan budget beli buku! Hohoho.

Baca juga:

Pencapaianku untuk Proyek Baca Buku Perpustakaan tahun 2016

Pencapaianku untuk Proyek Baca Buku Perpustakaan tahun 2017

Pencapaianku untuk Proyek Baca Buku Perpustakaan tahun 2018

Hampir sebagian besar persyaratan Proyek Baca Buku Perpustakaan 2019 ini mirip dengan tahun sebelumnya. Hanya saja ada sedikit perubahan, khususnya mengenai platform media sosial yang digunakan untuk posting foto buku dan reviewnya. Penasaran? Inilah summary rulesnya:

  1. Pastikan kamu follow dulu blognya Mba Ira ya! Kebetulan dia juga baru hijrah ke alamat barunya di https://www.irabooklover.com.
  2. Buku yang bisa diikutsertakan dalam Proyek Baca Buku Perpustakaan 2019 adalah buku-buku yang dipinjam dari perpustakaan daerah/kota, perpustakaan provinsi, perpustakaan sekolah, perpustakaan kampus, taman baca, dsb. Termasuk perpustakaan digital.
  3. Periode  baca bukunya dari tanggal 1 Januari – 31 Desember 2019.
  4. Share foto buku + kesan singkat kalian setelah membaca buku tersebut atau link review (kalau kalian mereview bukunya) di akun Instagram kalian dengan hashtag #bacabukuperpus2019 dan mention akun Instagram Mba Ira di @irabooklover. Pastikan label buatan perpustakaannya terlihat di foto sebagai bukti kalau buku tersebut memang dipinjam dari perpustakaan. Yang baca dari perpustakaan digitalshare screenshoot bukunya di aplikasinya ya atau foto cantik tampilan bukunya di aplikasi bersama-sama dengan gadget-nya.
  5. Yang mereview bukunya di blog, jangan lupa pasang logo Proyek Baca Buku Perpustakaan 2019 di blog kalian juga. Sertakan juga logonya di setiap post review yang kalian buat :). Tautkan balik logonya ke postnya Mba Ira yang berjudul Proyek Baca Buku Perpustakaan 2019.
  6. Pastikan kalian memasukkan link instagram share buku-buku tersebut di MisterLinky yang ada di Proyek Baca Buku Perpustakaan 2019 di blog Mba Ira.

Segitu aja rulesnya? Gak sih, untuk lebih lengkapnya bisa langsung kalian baca di siniProyek Baca Buku Perpustakaan 2019 ini juga ada hadiahnya loh! Nah! Jadi makin semangat kan baca buku perpustakaan ^^.

Yuk ikutan Proyek Baca Buku Perpustakaan 2019 dan sebarkan virus cinta perpustakaan kepada orang-orang di sekitar kita! Semoga kelak ke depannya makin banyak perpustakaan dan taman bacaan kece di sekitar kita, sehingga akses membaca buku bisa benar-benar merata.

***

Note:

Tahun 2018 lalu aku sempat mencoba aplikasi i-Pusnas namun sudah ku-uninstall karena lebih sreg dengan koleksi di i-Jak. Nah, tahun 2019 ini aku kembali ingin menjajal peminjaman buku via aplikasi digital library selain i-Jak dan i-Pusnas sih. Siapa tahu variasi bukunya jadi lebih banyak. Hal rutin yang akan tetap kulakukan terkait proyek ini adalah meminjam buku dari perpustakaan sekolah dan membaca buku langsung di perpustakaan mini RPTRA dekat rumah (karena buku-bukunya hanya bisa untuk dibaca di tempat). Oh iya, sesuai harapanku, tahun 2018 lalu aku juga sempat berkunjung ke Perpustakaan Nasional yang kece badai itu loh! Gak hanya berkunjung, aku juga langsung membuat kartu keanggotaannya. Sayangnya, waktu itu buku-buku di sana belum bisa dipinjam dan baru bisa dibaca di tempat. Semoga tahun ini sudah ada peraturan mengenai peminjaman buku di sana.

Share this post:

Related Posts

Comments are closed.

View My Stats