Mantappu Jiwa by Jerome Polin Sijabat

justaveragereader.blogspot.com


Ebook Gramedia Digital 224 pages
Published by Gramedia Pustaka Utama, August 19, 2019
Rating 3/5
Saya mungkin salah satu penonton setia channel Nihonggo Mantapu di Youtube tanpa menjadi subscriber-nya hahaha… Pertengahan tahun lalu kalo ngga salah, saya mulai mengenal channel ini dan mulai rutin mengikuti tingkah polah koplak si host utama, Jerome yang waktu itu masih bersama Kevin. Melihat tingkah polah dua orang berbeda karakter ini memang menyenangkan dan bikin nagih. Mungkin karena saya sedang menggemari segala berbau Jepang. Jadi, yah, timeline Youtube saya isinya Cuma rekomendasi channel ini. Lol.
justaveragereader.blogspot.com
channel ini 'mengganggu' timeline Youtube ku, tapi ngga masalah :D

Tapi memang sih, channel ini layak untuk jadi channel top, selain host-nya yang informative, urat malu putus, sosok Jerome sendiri menjadi semacam alter ego bagi banyak orang yang memimpikan sekolah di luar negeri, gratis, memiliki channel Youtube laris dan menjadi influencer. Ohya, selain itu, ada pula teman-teman Jerome yang bikin mata sejuk: para ikemen yang diajak gabung di channel ini. Ada Tomo, Yusuke, Atsuko, dan entah siapa lagi.
justaveragereader.blogspot.com
Ikemen unyu begini siapa yang nolak nonton sih hahhaha...

Mengetahui Jerome menulis buku, saya sempat berpikir jika Jerome ini barangkali saja menggunakan semacam ghost writer mengingat kesibukannya sebagai mahasiswa Waseda University, Youtuber, belum lagi undangan jadi ini itu, entah itu colab channel, jadi tamu di entah channel apa, edit video, dll. Tapi begitu membaca bukunya, nada berceritanya persis seperti ia sedang berbicara di depan kamera, lengkap dengan hahaha hehehe-nya. Dan recehnya. Tapi di tengah kisah pribadinya ini, ada bagian-bagian serius, mellow, yang membuat para pembacanya berpikir, bahwa seorang Jerome Polin tidak selamanya cengengesan seperti yang sering dilihat di channel-nya.

Waktu saya masih kecil dulu, matematika bukan satu-satunya pelajaran yang menjadi momok saya. Saya sudah berusaha untuk memahami matematika, lengkap dengan rumus ini dan itu, berikut dengan seorang teman yang berbaik hati memberi penjelasan tambahan buat otak saya yang lemot, tapi tetap saja matematika masih jadi masalah buat saya. Pun hingga sekarang. Menghitung berapa harga akhir diskon suatu barang di toko saja, saya masih membutuh kalkulator wkwkwkwk… Karena otak saya ngga mampu dengan hitungan, maka saya lebih memilih mempelajari Bahasa. Dari kecil, saya memang lebih menyukai mempelajari Bahasa.
justaveragereader.blogspot.com

Membaca buku ini juga paling tidak mematahkan anggapan saya selama ini bahwa otak kanan dan kiri itu ternyata bisa aktif di saat bersamaan. Bagaimana mungkin seorang Jerome, genius matematika (saya anggap dia genius dibandingkan dengan saya) bisa mempelajari Bahasa Jepang dan lulus ujian N1 dalam waktu setahun? Bisa dibayangkan betapa kecanduannya ia pada proses belajar. Dia sendiri berulangkali mengatakan, berpesan pada mereka yang menginginkan nasib mujur seperti dirinya, bahwa kerja keras, belajar yang gila sangat dibutuhkan untuk bisa seperti Jerome, bahwa banyak jalan menuju Roma, meski Roma yang ia sampai sekarang ini bukanlah Roma yang ia tuju sebelumnya. Semuanya adalah rahasia Tuhan, ia hanya bidak catur, mengikuti apa yang sudah digariskan Tuhan. Catatan buat diri saya sendiri sebagai guru kursus Bahasa Inggris, bahwa suatu hari nanti ketika saya bertemu dengan seorang murid yang juara olimpiade matematika, dan ternyata ia lemah dalam Bahasa Inggris, saya masih bisa menggemblengnya hingga ia mahir, selama ada kemauan besar yang besar sekali untuk dirinya sendiri.

Secara keseluruhan, buku ini perlu dibaca banyak anak muda, adik-adik kelas Jerome dimana pun berada, bahwa mimpi itu bukan sekedar bunga tidur. Mimpi bisa menjadi kenyataan ketika mimpi itu dikejar untuk diwujudkan dengan kerja keras pantang menyerah. Ada banyak jalan menuju Roma, hanya Tuhan yang tahu Roma di bagian mana yang sudah disediakan untuk kita.

Ja, mataneeee… MANTAPPU JIWAAAAAAA….

Share this post:

Related Posts

Comments are closed.

View My Stats