Kilas Buku: Pendekar Bunga Matahari (Jaka Wulung #3)


Pedang itu terayun ke atas, berputar sangat kencang. Suaranya berdesing mengalahkan tiupan angin dari selatan. Putaran pedang itu makin kencang, membentuk payung yang bersinar menyilaukan dan sulit ditembus, tak terkecuali oleh serangan dua jagoan sakti yang menjaga sungai ini.

Ketika pedang diturunkan, muncullah seraut wajah jelita. Namun, meremehkannya adalah sebuah kesalahan besar. Di balik kecantikan dan perangainya yang lemah lembut, tersimpan tenaga luar biasa, yang mampu melumpuhkan lawan-lawannya dalam sekali jurus.

Ciang Hui Liang, murid pendekar tersohor Naga Laut dari Ci Liwung memulai petualangannya dengan sederet pertarungan hidup dan mati. Ketika petualangannya bersilang jalan dengan Jaka Wulung, akankah keduanya menjadi kawan? Ataukah justru lawan? (goodreads)

Kesan

2 bintang dari saya. Atau malah 1 bintang. :(

Tiba-tiba saja Jaka Wulung berpaling dari cinta pertamanya. Dia jatuh cinta pada pendekar negeri lain. Petualangan Jaka Wulung memang berlanjut ke pelabuhan Kalapa (mungkin maksudnya pelabuhan Sunda Kelapa). Seperti yang biasa pendekar lakukan, ia juga bertemu orang asing, lalu bertarung dan memtuskan apakah ia akan menjadi lawan atau kawan. Tapi yah itu tadi saya tidak menemukan alur cerita yang greget.

Akhirnya saya berhasil juga menyelesaikan buku terakhir dari serial Jaka Wulung ini. Tapi, kok Buku pamungkasnya malah makin jelek ya. No offense. Tapi menurut saya, cerita Jaka Wulung ini masih mentah. Ceritanya kurang berkembang, terlalu terburu2, dan terlalu banyak penjelasan (deskripsi) yg berulang yg tidak perlu. Misal: ada deskripsi tentang pendekar anu di awal, eh selang 2-3 paragraf terjadi pengulangan deskripsi tentang pendekar yg sama. Capek lho bacanya. rasanya saya sebagai pembaca pengen bilang: oke-oke gue ngerti si pendekar anu julukannya ini kan? Jurusnya itu kan? Dari padepokan silat yang itu kan? Iya ngerti!

Pada akhirnya, cuma mau bilang, Serial Jaka Wulung 1-2-3 ini seperti bacaan ringkasan saja alias abridged kalau dalam bahasa Inggris. Padahal konsepnya udah bagus lho. Sayang banget ya kalau eksekusinya ndak rapih begini. :(

Informasi buku

Judul: Pendekar Bunga Matahari (Jaka Wulung #3)
Pengarang: Hermawan Aksan
Editor: Dhewiberta
Tebal: paperback, 222 halaman
Penerbit: Bentang Pustaka, September 2013

Share this post:

Related Posts

Comments are closed.

View My Stats