Kilas Buku: One Small Step Can Change Your Life (The Kaizen Way)


Tahun baru akan datang dalam hitungan hari. Sudah pasti suasana penyambutan akan sangat meriah. Tidak hanya pesta, tentunya akan ada resolusi yang diharapkan sebagai pemacu untuk hidup lebih baik di tahun berikutnya. Resolusi adalah daftar pencapaian yang dirasa perlu untuk dipenuhi. Salah satunya yang paling populer adalah menurunkan berat badan, atau memiliki karir dan prestasi yang bagus. Sayangnya, banyak orang yang gagal memenuhi resolusi mereka dengan baik. Bahkan daftar tersebut terus saja sama setiap tahun. Kalau kalian bagaimana? Apakah kalian selalu memenuhi resolusi tiap tahun? Jawab dengan jujur lho ya. :D

Lalu kenapa sih pemenuhan terhadap resolusi kita sering gagal? Jawaban utamanya adalah kita cenderung dengan perubahan secara instant dan sedikit berusaha. Padahal segala sesuatu yang instant cenderung tidak berhasil dengan baik. Itulah mengapa buku ini mengusung konsep The Kaizen Way. Apa sih itu?

Masih ingat filsuf Cina yang bernama Lao Tzu? Ada kutipan terkenal yang berasal darinya, yakni:
"A journey from a thousand miles must begin with the first step."

Iya itu sih udah tahu? Lalu apa sih intinya? Ya, intinya, jika kita ingin berubah, jangan lakukan dengan terburu-buru. Misal, kita ingin berat badan kita turun, lalu nge-gym. Hey, berat badan kita belum tentu turun lho, apalagi kalau nge-gym nya ndak rutin. Ndak usah nge-gym, cukup jalan-jalan aja lima menit sehari namun dilakukan dengan rutin. Hal itu tentu saja lebih efektif daripada olahraga dengan durasi lama namun jarang dilakukan.
Great change is made through small steps:
  • Ask small questions
  • Think small thoughts
  • Take small actions
  • Solve small problems
Semua tips yang ada dalam quote di atas harus dilakukan dengan rutin walaupun dengan durasi yang sangat singkat. Kalau kata buku tulis anak sekolahan: "Practices make perfect." :)
Kalian tinggal pilih saja apa perubahan yang kalian inginkan? Lakukan dengan tahap yang sama, yah tentunya dengan tema yang berbeda sesuai masalahnya. Misal, kalian ingin memiliki hubungan baik, tentu saja yang harus dilakukan adalah peerhatian-perhatian kecil dan positif  yang sering dilakukan. Tanpa disadari hal itu akan membentuk relasi yang kuat.

Pada awalnya saya agak bosan dengan buku ini. Namun saya berpikir kalau ndak dibaca ya sayang, karena suami saya membelinya dengan harga sangat mahal untuk buku saku begini. Kisaran 100-200ribu. Hmm. Biasalah yang namanya buku motivasi suka omdo aja.

Syukurlah Robert Maurer, Ph.D punya banyak pengalaman dengan klien yang memiliki beragam masalah. Maka ia membagi pengalamannya itu dan membuat saya mau tak mau menyetujui apa yang ditulisnya. Saya tidak bisa menuliskan pengalaman-pengalaman itu. Namun intinya tetap sama dengan apa yang saya bicarakan di atas.

Buku ini hanya untuk menganalisa dan menguatkan apa yang menjadi impian kita. Sebisa mungkin kita ingin berhasil daripada gagal kan? Ya toh?

So, sudah siap untuk menyongsong kesuksesan di tahun yang baru nanti? Yuk semangat!

Informasi buku

Judul: One Small Step Can Change Your Life (The Kaizen Way)
Penulis: Robert Maurer, Ph.D
Tebal: Paperback, 228 halaman
Penerbit: Workman Publishing Company, 22 April 2014 (pertama kali terbit 2004)

Share this post:

Related Posts

Comments are closed.

View My Stats