Kilas Buku: Jurus Tanpa Nama (Jaka Wulung #2)


Tiga lingkaran, tiga pertempuran. Semua peserta mengerahkan kemampuan terhebatnya demi membuktikan siapa petarung paling tangguh. Namun, kecurangan toh tetap terjadi.

Meskipun tahu ada peraturan yang melarang keras untuk mencampuri adu jurus tersebut, Jaka Wulung tak peduli. Nyawa gadis di dalam lingkaran itu dalam bahaya. Gadis itu tak sadar siapa lawan yang dihadapinya. Sakti, culas dan hanya mengejar kemenangan.

Jaka Wulung melompat turun, menarik segenap perhatian penonton, termasuk seorang pendekar tangguh yang mulai naik pitam. Sekali lagi Jaka Wulung harus membuktikan kehebatannya. (goodreads)


Kesan

2.5 bintang.
Hmm.. Sejak baca Buku pertamanya saya Sudah bilang kalau konsep cerita silat Jaka Wulung ini bagus. tapi... banyak bolongnya. Pembaca terus menerus diyakinkan kalau Jaka Wulung ini orang yg special. bukan sembarang bocah. Tapi pembaca sendiri gak ngerti kenapa bisa si Wulung menjadi special. Jaka Wulung itu terlalu jago untuk ukuran anak yang masih hijau. Dia seperti ga punya hambatan ngelawan musuhnya, dan selalu menang. Ya meski pembaca sudah diberi keyakinan kalau wulung ini special, tetap saja logisnya ga terasa nyampe kalo anak kecil bisa langsung sebegitu sakti dalam waktu singkat. Walau katanya keturunan orang sakti tetep dong ya pake istilah "practice makes perfect". Menurutku novel ini draft yang belum selesai, bukannya novel yg sudah matang dan siap dibaca.

Kemudian, hal yg juga mengganggu sejak Buku pertama adalah.. kemunculan Jaka Wulung yang from nowhere. Memang sih, Penulis menyampaikan dalam cerita kalau gak ada yg tau siapa si Jaka. bahkan Jaka sendiri pun ga tau siapa dia. Nah yg jadi pertanyaan, masa sih Penulis gak cerita gimana si Jaka Wulung ini bisa tumbuh sehat, berpakaian, dan cukup makan sampai usia 15 tahun. Apa dia dirawat sama penduduk? Petani? Pendekar gila? atau apalah.. Masa jaka wulung sendiri ga tau masa kecilnya dia gimana. Walaupun memang bikin kesan misterius gini, At least dibangun dulu konsep tentang masa lalu  sebelum dia ketemu&berguru dengan Ki Karta. Jangan ujug-ujug muncul dari atas pohon gitu sambil ngintipin orang latihan. Kalau latar belakangnya sudah agak jelas, baru deh bisa dikembangkan kepada tahap pencarian siapa sebenarnya Jaka Wulung. :3

Kira-kira aku bakalan lanjut baca buku ketiganya ga ya?? Semoga bisa deh. *Menyemangati diri sendiri*

Informasi buku

Judul: Jurus Tanpa Nama (Jaka Wulung #2)
Pengarang: Hermawan Aksan
Editor: Dhewiberta
Tebal: 226 halaman
Penerbit: Bentang Pustaka, 2013

Share this post:

Related Posts

Comments are closed.

View My Stats