Diary Petualang Cilik Karya Belva Alfakihah

cover kkpkdiary-petualang-cilik

Persahabatan Itu Membahagiakan

Judul                            : Diary Petualang Cilik

Penulis                          : Belva Alfakihah

Editor                           : Vicky Larasita dan Triani Retno

Penerbit                       : Dar! Mizan

Tahun Terbit                : Pertama, Januari 2019

Jumlah Halaman          : 88 halaman

ISBN                           :  978-602-420-733-5

Peresensi                     : Muhammad Rasyid Ridho, Pengajar Kelas Menulis SD Plus Al-Ishlah Bondowoso

Tersebutlah tiga orang anak yang bersahabat dan suka berpetualang. Mereka adalah Zahra, Manda dan Like. Mereka adalah anak yang berani. Meski masih kelas lima sd mereka berani, berpetualang dan berkemah hanya bertiga. Setelah diizinkan oleh orangtua masing-masing, mereka bersepakat akan berpetualang, kali ini mereka akan berkemah di dekat air terjun.

Mereka berjalan menyusuri sawah dan kemudian akan memasuki hutan. Manda awalnya mau pulang, tetapi tidak jadi. Sebelum sampai pada sungai yang jernih, mereka melewati rumah kosong yang mereka anggap angker. Zahra dengan berani masuk duluan. Kedua temannya bingung, berteriak mencari Zahra. Tiba-tiba ada yang memanggil nama mereka, mereka pun lari dan melanjutkan perjalanan.

Ternyata perkiraan mereka akan jauhnya air terjun salah, tidak butuh waktu lama mereka untuk sampai ke sana. Sampai di sana mereka pun bekerjasama mendirikan tenda. Setelah itu mereka pun mandi di sungai. Air sungai jernih dan segar. Zahra dan Like sudah selesai, sedangkan Manda mandi cukup lama. Dia memang cukup kuat dengan air (halaman 27).

Setelah itu mereka mengumpulkan kayu bakar. Mereka menelusuri hutan. Setelah mendapatkan kayu bakar yang cukup, mereka pun kembali ke tenda. Awalnya, mereka bingung mau kembali ke arah mana. Mereka terus mencari, dan sampai juga ke tenda. Selesai itu mereka pun membuat mie goreng. Setelah shalat isya, mereka mengobrol dan besok masih ingin berpetualang. Kali ini tidak kemah, tetapi piknik. Mereka bertiga sepakat akan ke Happy Park, setelah itu mereka pun beristrahat.

Setelah shalat subuh mereka meneruskan perjalanan. Mereka masih kembali mampir ke rumah yang tidak berpenghuni kemarin. Mereka melihat ada orang di dalamnya, mereka berkenalan, Syaqilla namanya. Mereka pun saling mengakrabi dan mengajak Syaqilla untuk ikut Happy Park (halaman 40).

Sesampai di Happy Park, mereka bertemu Evelyne, teman sekolah tiga petualang yang kaya raya, sekaligus manja, suka membuat ulah dan nakal. Melihat tiga petualang bersama seorang yang asing, Evelyn menanyakan siapa dia. Kemudian Evelyn mengadu kepada Mamanya kalau empat anak tersebut tidak mau bermain dengannya.

Zahra, Like dan Manda tidak mau kalah, mereka sejak dulu mau berteman dengan Evelyn, tetapi Evelyn selalu membuat ulah dan nakal. Mama Evelyn paham akan kenakalan anaknya, Mama pun meminta maaf kepada Zahra dan kawan-kawan. Suatu ketika, untuk menjaga hubungan persahabatan mereka agar lebih erat, mereka membuat acara tukar kado. Masing-masing membawa kado dan saling memilih kado. Mereka sangat bahagia.

Ketika 20 November Zahra ulang tahun. Awalnya dia sedih, karena ayahnya tidak pulang karena kerjaannya. Namun, ternyata dia mendapat surprise yang membahagiakan. Ayah Zahra datang tanpa pemberitahuan. Kemudian ayah memberi hadiah pada Zahra, begitupun anggota keluarga yang lain.

Zahra juga mendapat kado dari teman-temannya. Yang membuat heran, Evelyn juga memberinya hadiah. Saat di rumah, Zahra penasaran dan membuka kado dari Evelyn. Ternyata Evelyn benar-benar mau berubah. Evelyn menulis surat dan ditaruh di dalam kadonya. Dia mengaku menyesal telah berbuat nakal kepada Zahra. Dia pun meminta maaf.

Kini Zahra, Like, Manda, Syaqilla dan Evelyn bersahabat. Saat pulang sekolah, mereka pun pulang bersama. Ternyata bersahabat itu membahagiakan, itu perasaan yang baru dirasakan oleh Evelyn. Evelyn pun memberi kado persahabatan kepada empat sahabatnya. Yaitu tiket perjalanan ke Korea. Kini mereka adalah lima petualang.

Dalam buku ini Belva menarasikan persahabatan anak SD dengan gembira dan penuh makna. Sangat asyik dibaca oleh anak-anak. Selamat membaca!

*dimuat di Harian Singgalang 31 Maret  2019

**Ingin memesan buku? Ke Toko Buku Hamdalah wa http://bit.ly/085335436775
gabung juga di grup
 di http://bit.ly/TokoBukuHamdalahWhatsApp

***Ohya, kalau mau mencari info tentang buku baru, resensi buku, quotes dan info kuis atau giveaway berhadiah buku, bisa gabung ke channel telegram yang saya kelola yang bernama Buka buku Buka Dunia : t.me/bukabukubukadunia 

 

Share this post:

Related Posts

Comments are closed.

View My Stats