Daftar Bacaan Oktober 2016

*

Sudah nggak paham lagi ada apa dengan bulan Agustus dan September karena kegiatan baca saya sangat berantakan. Bukan mau bilang kalau saya pembaca yang teratur atau apa, tapi dari sekian buku yang saya tetapkan di awal bulan, banyak yang akhirnya tidak terbaca. Seringnya, di tengah bulan bukannya baca sesuai daftar, tetapi malah tertarik dengan buku lain yang seakan minta banget buat dibaca. Entahlah. Apa membuat daftar merupakan ide yang buruk, atau saya hanya sekadar butuh penyegaran?

Penyegaran, seolah-olah membaca adalah kegiatan yang monoton dan membosankan, padahal sebagai hobi, membaca harus dilakukan dengan senang hati.

Sebentar, mau copas kata-kata Neil Gaiman dulu tentang membaca. Sebagai berikut:

“Saya percaya bahwa kita punya kewajiban untuk membaca karena merasa suka, baik membaca di area privat maupun di tempat umum. Kalau kita membaca untuk menyenangkan diri, kalau orang lain melihat kita membaca, kita akan paham, kita sedang mengasah imajinasi. Kita menunjukkan pada orang lain bahwa membaca adalah hal yang baik.”

Selain tentang membaca, Neil Gaiman juga berpendapat soal bahasa, sebagai berikut:

“Kita punya kewajiban untuk menggunakan bahasa. Mendorong diri kita: untuk menemukan arti sebuah kata dan bagaimana cara menyebarluaskan kata tersebut, untuk berkomunikasi dengan jelas, mengatakan apa yang kita maksud. Kita seharusnya tidak berusaha untuk membekukan bahasa, atau menganggap bahwa bahasa adalah benda mati yang harus dipuja melainkan kita harus memperlakukannya sebagai benda hidup, yang mengalir, yang meminjam kata, yang arti dan pelafalannya berubah seiring berjalannya waktu.”

Well, Neil Gaiman keren banget, tapi alasan saya membaca belum sampai ke yang serius macam meningkatkan kepintaran, mengembangkan kinerja otak, memerangi Alzheimer, menjadi lebih kritis, meningkatkan kemampuan menulis, bahkan sebagaimana kata Neil Gaiman di atas, saya belum segitu hebatnya untuk menjadi influencer kegiatan membaca.

Pada akhirnya, dari sekian banyak alasan orang membaca, yang paling relate buat saya adalah membaca, supaya tidak merasa sendiri atau kesepian.

*

Back to business, bulan Oktober katanya bulan horor karena ada perayaan Halloween, tapi untungnya tidak semua reading challenge mengambil tema yang seram-seram. Fiuh.

005

1. Cinta Memang Neraka (Love is Hell) –  Melissa Marr, Scott Westerfeld, Justine Larbalestier, Gabrielle Zevin, Laurie Faria Stolarz. Kumpulan cerpen horor karya beberapa penulis luar ini untuk baca bareng #Bacaisme dengan tema buku genre horor. 

2. Pasung Jiwa – Okky Madasari. Untuk #TantanganBacaGRI dari @bacaituseru bulan Oktober 2016 dengan tema buku yang sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris. Novel ini sudah diterjemahkan ke Bahasa Inggris oleh Gramedia dengan judul Bound.

3. Liburan Para Alien (Aliens On Vacation) – Clete Barrett Smith. Untuk reading challenge @MondayFF dengan teman buku yang judulnya terdiri dari tiga kata. Baru ngeh kalau novel ini adalah trilogi, dan belum yakin juga akan bisa dapat buku kedua dan ketiganya.

Siap menantang diri sendiri dengan berbagai tema? Yuk!

*

Bagi yang belum tahu, sebelumprolog adalah blog saya yang secara khusus didedikasikan untuk membicarakan buku. Sedangkan blog utama saya adalah mandewi.com. Sila berkunjung. Ada catatan tentang bagaimana menulis kalimat pertama yang cetar membahana di sana. :)

***


Share this post:

Related Posts

Comments are closed.

View My Stats