[BlogTour] Play With Fire by Pia Devina | Review, Giveaway

Judul: Play With Fire
Penulis: Pia Devina
Penerbit: Laksana
Penyunting: Diara Oso
Penyelaras Akhir: Athena
Tata Sampul: sukutangan
Tata Isi: Venus
Pracetak: Wardi
Cetakan: Pertama, 2018
Tebal: 216 Halaman
ISBN: 978-602-407-406-7
Genre: Romance

BOOK BLURB

Seharusnya Valda senang setelah dianugerahi sebagai employee of the year dan mendapat bonus dari pimpinannya. Tapi di hari itu, Valda malah menemukan seorang pria yang terluka. Valda membawanya ke rumah sakit. Ia herharap kejadian itu tak akan memgusiknya lagi.

Tapi tidak.

Valda dibuat terkejut kala mengetahui si pria terluka adalah bos barunya di Xaviera, toko sepatu tempat Valda bekerja. Bukannya berterima kasih, Sena, si bos baru malah memaksanya untuk menerima uang dan mengancamnya agar tutup mulut atas kejadian itu.

Di tengah ingar-bingar managerial Xaviera, masa lalu Sena, juga kerumitan hubungan Valda dan Sena, sebuah kisah terjalin.

REVIEW

Sebagai SPG yang sangat rajin bekerja bahkan sering lembur hingga hampir tengah malam, Valda sangat layak mendapatkan predikat employee of the year dan mengantongi bonus uang sebesar 15 juta rupiah. Saat berjalan pulang ke kontrakannya sambil menghitung-hitung akan dipakai untuk apa saja uang bonusnya itu, tiba-tiba seorang lelaki tak dikenal yang bersimbah darah menimpa tubuh Valda dan meminta supaya diantar ke rumah sakit terdekat. Pihak rumah sakit bersikeras meminta nomor telepon Valda – mungkin nantinya akan diminta sebagai saksi atas kejadian ini – tapi sebenarnya Valda sudah tidak ingin berurusan dengan orang itu karena ia tidak kenal sama sekali, apalagi menemui darah adalah hal menjijikan dan sebuah trauma baginya. Valda tidak berani dan tidak akan menceritakan hal mengerikan yang ia alami malam itu ke siapa pun, termasuk ke sahabat dekatnya. Ia hanya ingin melupakannya segera.

Sementara itu, di Xaviera santer kabar soal pergantian kepemimpinan cabang karena bos sebelumnya sedang terkena kasus. Xiaviera Ysolt – cabang tempat Valda bekerja – inilah yang akan kedatangan bos baru. Ada 2 orang calon bos yang masih terhitung keluarga dengan Pak Kenny, si pimpinan perusahaan. 2 orang itu adalah Biantara Pradhika (anak angkat Pak Kenny) dan Wirasena Jatiadi (keponakan Pak Kenny). Meski masih dalam satu keluarga, ternyata 2 lelaki ini adalah rival. Sena adalah lelaki yang jadi korban penusukan yang ditolong Valda. Bahkan Sena mencurigai Bian-lah dalang dibalik kasus penusukan terhadap dirinya, namun ia tak punya bukti. Mereka itu saling membenci. Awal mulanya adalah perihal Bian yang batal menikah dengan Inggit karena Inggit tidak hadir dan menghilang tepat di hari pernikahannya itu. Bian mencurigai bahwa di balik itu semua ada campur tangan dari Sena yang telah mengacaukan semuanya dan membuat keluarganya malu di depan tamu undangan.

Ternyata Sena yang terpilih sebagai bos baru di Xaviera-Ysolt. Sena kembali bertemu dengan Valda karena ia masih ingat wajahnya meski saat itu ia setengah sadar akibat habis ditusuk orang. Sena dan Josep, orang kepercayaan Sena, memaksa supaya Valda mau menerima uang imbalan dan menyuruh Valda tutup mulut soal kasus penusukan yang dialami Sena agar tidak sampai tercium media. Semakin Valda menolak, semakin gencar Sena memaksanya.

Tidak hanya terlibat urusan rahasia dengan Sena, Valda justru makin dicurigai oleh Bian karena belakangan ini sering kepergok berdua dengan Sena. Bahkan teman-teman Valda seperti Abby, Ita, Imelda, dan Indra pun sudah mulai mendengar kabar-kabar tentang kedekatan dirinya dan si bos yang bisa disalahartikan. Semakin Bian ingin mencari tahu, Bian justru balik dicurigai oleh Sena karena telah mendekati Valda. Sena tak ingin Valda sampai membocorkan rahasia mereka, apalagi kepada Bian.

Di saat Valda terjebak dalam situasi rumit itu, tanpa ia sangka tiba-tiba Dio Anggara, cinta pertamanya sejak SMP, hadir kembali dan membangunkan semua kenangan mereka dulu sebagai sepasang kekasih. Mengapa Dio kembali? Bahkan Valda tak tahu apa alasan Dio dulu meninggalkannya tanpa kejelasan sama sekali.

Siapa dalang di balik penusukan Sena? Apa alasannya ia hampir dibunuh? Bagaimana kelanjutan rivalitas Sena dan Bian sebagai atasan di Xaviera? Dan… siapakah lelaki yang akan dipilih Valda sebagai tambatan hatinya? Akankah Valda kembali pada Dio?

LET’S PEEL IT…

Ternyata novel ini tidak seperti yang saya bayangkan. Saya mengira ceritanya hanya full romance tentang sepasang sejoli dengan kerumitan perasaan mereka sendiri. Rupanya kusalah. Novel ini lebih menarik daripada itu. Ketimbang mengulik kisah asmara lebih dalam, justru kita disuguhkan kasus yang mengajak kita menebak dan menganalisa siapa pelaku penusukan terhadap Sena.

Saat membaca ini, memasuki setengah dari buku pun saya masih tidak tahu ceritanya mau dibawa ke mana. Maksudku, tadinya kan saya mengira ini soal romansa tokoh utamanya, tapi ternyata penulis tetap mengajak kita fokus pada pendekatan dan perincian fakta (masa lalu) beberapa tokohnya. Ini membuat cerita makin menarik, pun menambah antusiasku menyelesaikan buku ini segera agar terungkap siapa pelakunya.

Plot novel ini berjalan maju, diselingi flashback – sepenggal kisah masa lalu tokohnya. Ini sangat membantu agar pembaca mudah memahami apa yang sebenarnya terjadi dan awal mula masalahnya apa. Dapat kusimpulkan bahwa konflik utama dan akar masalah di novel ini merupakan dendam masa lalu yang disusun secara rapi demi bisa membalaskannya. Jika pembaca bisa teliti dan berpikir logis, sebenarnya tidaklah sulit menebak siapa pelaku atau dalangnya karena konflik di sini tidak serumit seperti novel thriller biasanya. Menilik siapa saja tokohnya dan peran mereka masing-masing, saya pun langsung bisa membaca siapakah orang yang dimaksud.

Sekarang saya akan jelaskan karakter dari masing-masing tokoh di novel ini:
– Valda merupakan gadis yang rajin dan totalitas, tidak suka mencampuri ursan orang lain dan sebaliknya, tetapi ia bisa jadi lemah jika itu soal cinta pertamanya yang telah lama hilang.
– Sena (ini menurut penuturan para karyawan Xaviera) merupakan lelaki yang hot as hell as a boss, sikapnya dingin dan tidak pernah senyum, kurang bisa beramah tamah pada orang lain, dan punya emosi yang agak tinggi.
– Bian itu sekilas mungkin pada mengira dia itu licik, tapi di balik itu ternyata dia sosok lelaki yang peduli terhadap orang lain meski sifat luarnya tidak jauh beda dengan Sena yang dingin dan tidak ramah pada orang lain terutama bawahannya.
– Josep sebagai orang kepercayaan Sena sangat kompeten menjalankan tugasnya, dia bisa sekaligus jadi bodyguard karena jago taekwondo, juga bisa jadi detektif karena jika disuruh untuk mengumpulkan data apa pun dapat dilaksanakannya.
– Abby adalah teman baik Valda yang selalu antusias mencari informasi dan gosip terhangat di seputaran Xaviera. Kalau ada info yang tergolong off the record, Valda bisa mendapatkan itu dari Abby. Terkadang dengan sifatnya itu Abby bisa terlalu kepo terhadap urusan orang lain.
– Indra juga salah satu teman sekaligus karyawan di Xaviera. Sayangnya, sepertinya Valda tidak menyadari bahwa sikap baik Indra ini dikarenakan lelaki itu menaruh rasa cinta padanya.
– Dio? Lelaki manis tetapi penuh misteri setelah ia menghilang dan meninggalkan Valda tanpa pamit dan penjelasan.

Oh iya, ada 1 tokoh yang kupertanyakam dan kusayangkan kehadirannya, yaitu Inggit. Dia sempat muncul kembali setelah diceritakan lama menghilang. Namun, saya tidak paham apa alasannya muncul lagi? Di novel ini tidak dijelaskan. Kemudian setelah ia muncul kedua kali, setelah itu dia hilang begitu saja tidak disebut-sebut lagi. Padahal jika menilik ke belakang, Inggit ini salah satu orang ‘penting’ di cerita ini. Mantan calon istrinya Bian lho…

Kalau dari premis cerita, meski menurutku agak riweuh karena lumayan banyak nama-nama yang dihadirkan dan sosoknya tak langsung hadir di cerita, tapi saya tetap suka secara keseluruhan. Chemistry antartokohnya itu saya malah lebih suka Bian-Valda daripada Sena-Valda, ini mungkin karena saya termakan oleh sikap perhatian-tapi-sok-cuek dari Bian haha.

Setelah semua terungkap, saya tak bisa menahan logikaku untuk tidak memunculkan berbagai pertanyaan. Namun, sayangnya saya tidak bisa ungkapkan semua pertanyaan itu di sini karena nanti jadinya spoiler huhuhu~ jadi ya sudahlah, mungkin lebih baik saya telan sendiri saja tanpa memperbanyak daftar pertanyaan. 😀

Ada banyak rahasia yang akhirnya terungkap. Ada kejadian memilukan yang sebenarnya sangat beralasan. Ada kepingan masa lalu yang mestinya dilupakan tapi tidak bisa. Dan ada perasaan yang hadir tanpa diduga dan tak mampu menolaknya. Kurasa hanya itu kesimpulan akhir yang bisa kugambarkan untuk novel ini. Bagi kamu yang suka cerita di mana romance-nya tidak terlalu kental dan kamu juga suka cerita berunsur thriller, novel ini bisa jadi santapan lezat buat kamu. 🙂

OVERALL RATING
★★★★☆



GIVEAWAY

Mau dapetin novel ini secara cuma-cuma? Penulis sudah menyiapkan 1 eksemplar novela Play With Fire untuk 1 peserta yang beruntung. Simak syarat dan ketentuannya berikut ini.

1. Punya alamat kirim di wilayah Indonesia.
2. Follow blog ini lewat akun WordPress atau via e-mail. Klik tombol follow yang ada di sidebar pojok kanan bawah. (Optional)
3. Follow akun berikut ini dari sosmed yang kamu punya (silakan pilih salah satu sosmed atau semuanya juga boleh):
– Twitter: @piadevina @divapress01 @laksana_fiction @murniaya
– Instagram: @piadevina @penerbitdivapress @murniaya
– Facebook: like fanpage Penerbit DIVA Press
4. Share info giveaway ini di sosial media punyamu, bebas di mana saja (boleh semuanya atau pilih salah satu).
– Jika di facebook: cantumkan link post ini dengan hashtag #PlayWithFireGA.
– Jika di twitter: cantumkan link post ini dengan hashtag #PlayWithFireGA. Mention ke @murniaya saja.
– Jika di instagram: upload foto banner di atas di feed atau di IGstory kamu, beri hashtag #PlayWithFireGA dan mention/tag ke @murniaya saja.
5. Giveaway ini tidak ada pertanyaan. Nanti pemenangnya akan saya pilih secara random.
6. Untuk keperluan pendataan peserta, jangan lupa tuliskan nama, ID sosmed atau e-mail, dan domisili di kolom komentar di bawah.
7. Giveaway ini berlangsung selama seminggu hingga tanggal 07 Oktober 2018 pukul 23:59 WIB.
8. Pemenang akan saya umumkan secepatnya di twitter, instagram, dan update di post ini juga.

Itu saja. Nggak susah kan? 😀 Kalau masih ada rules yang membingungkan, for fast response jangan sungkan tanya langsung ke saya lewat mention/DM di twitter atau instagram.

Nah, tunggu apa lagi? Jangan lupa berdoa yang banyak. Selamat ikutan dan good luck! 😉

Share this post:

Related Posts

Comments are closed.

View My Stats