[Blogtour & Giveaway] Majo & Sady vol. 2

Majo & Sady 2

Title: Majo & Sady vol.2

Author: Jung Chul Yeon

Translator: Putri Arofri

Editor: Novianita

Proofreader: Selsa Chintya

Layouter: Vanessa & Valencia

Cover Layouter: @fadiaaa_

Published: March 2017 (Penerbit Haru)

Pages: 298

Rate: thumbsthumbsthumbsthumbs

 

BLURB

Sady, si wanita karier dan Majo, sang suami yang mengurus rumah tangga—kembali lagi dengan cerita sederhana yang dipenuhi humor dan menggugah perasaan.

Kisah parody kehidupan sehari-hari masyarakat Korea Selatan usia 20-30 tahunan, yang tanpa disadari memiliki pesona tak terbatas.
Saat menikmati kisah mereka, pasti semakin ingin menikah!

***

 

REVIEW

Kisah Majo & Sady ternyata awalnya bermula sejak tahun 2002. Kala itu sang komikus, Jung Chul Yeol, membuat sebuah laman web Marine Blues yang menggambarkan laut dan beragam kehidupan di dalamnya melalui tokoh Tuan Landak Laut dan Nyonya Landak Laut. Saking meledaknya, Marine Blues sempat mengantongi beberapa penghargaan bergengsi loh! Nah, barulah pada tahun 2010, kedua tokoh utama Marine Blues tersebut mengalami transformasi sebagai Majo dan Sady yang kita kenal sekarang ini.

Yang unik dari K-toon ini adalah karena isinya seputar kehidupan berumah tangga yang dialami oleh banyak pasangan, jadi membacanya pun kita akan benar-benar merasa berada di dunia yang nyata. Banyak hal yang disampaikan melalui Majo dan Sady yang pastinya juga dialami oleh pasanga rumah tangga. Meskipun budayanya memang sangat kental dengan budaya Korea (ya iyalah! Kan komikusnya adalah orang Korea yang memang tinggal di Korea), bukan berarti kita gak bisa relate dengan kisah dalam K-toon ini. Sebaliknya, aku pribadi yang memang sudah 5 tahun berumah tangga merasa bahwa banyak peristiwa yang kualami bersama suami bisa ditemukan dalam K-toon Majo & Sady ini.

Meskipun Majo & Sady memang berangkat dari kisah nyata yang juga dialami komikusnya, bukan berarti ceritanya jadi membosankan dan gampang ditebak. Sebaliknya, kisahnya dituturkan dengan menarik dan penuh humor khas Korea. Oh iya, dikisahkan Majo, sang suami, adalah suami yang bekerja dari rumah dan mengurus rumah tangga. Hah? Jadi Majo itu SRT nih?! Yup! Beneran Suami Rumah Tangga yang nyuci, masak, bebersih, belanja bulanan, de-el-el. Sedangkan Sady, sang istri, adalah wanita pekerja yang sebagian besar waktunya dihabiskan di kantor. Jadi, mereka ini bisa dibilang saling bertukar peran. Unik ya? Kebayang dong gimana heboh dan serunya interaksi diantara dua sejoli ini.

Rasanya senang sekali saat mengetahui bahwa Penerbit Haru akhirnya mencetak cover baru untuk Majo & Sady vol. 1 serta merelease Majo & Sady vol. 2 setelah volume perdananya diterjemahkan dua tahun yang lalu. Malah jadi gak sabar pengen membaca volume selanjutnya. Hohoho.

Oh iya, meskipun K-toon ini mengisahkan kehidupan rumah tangga Majo & Sady, bukan berarti hanya bisa dinikmati oleh orang yang sudah berumah tangga loh! Salah besar! K-toon ini bisa dinikmati dari usia remaja sampai dewasa karena tidak mengandung konten dewasa. Sebaliknya, ada banyak pelajaran berharga yang sama-sama bisa kita ambil melalui perjalanan hidup pasangan suami-istri yang terekam dalam Majo & Sady.

Mungkin akan ada beberapa humor yang dirasa garing kalau kamu jarang bersentuhan dengan budaya Korea, tapi jangan khawatir, hal ini masih dalam taraf wajar kok. Justru ajang untuk kita mempelajari lebih dalam akan budaya orang-orang negeri ginseng. Selain artworknya yang lucu dan full-color, terjemahan dalam K-toon ini juga terasa mengalir dengan baik. Tidak terasa seperti sedang membaca komik terjemahan saja. Salut untuk hasil terjemahan Penerbit Haru yang selama ini memang selalu memuaskan para pembacanya.

Tidak hanya menggambarkan kisah rumah tangga Majo & Sady, dalam volume 2 ini kita akan banyak menemukan foto-foto yang disertakan oleh komikusnya: ada foto-foto seputar wiskul favorite mereka (harap tahan air liur kalian ya saat melihat foto-fotonya) serta foto-foto seputar wisata mereka saat di Tokyo. Cocok untuk jadi guide kalian kalau ingin wiskul maupun berwisata ke Tokyo. Hohoho.

Meskipun sebagian besar kisah dalam Majo & Sady ini digambarkan melalui komik 4 kolom, namun penyajiannya yang bervariasi tidak akan membuat kita merasa cepat bosan. Kadang panelnya dibuat vertikal, kadang horizontal, dan juga perpaduan keduanya. Belum lagi penggambaran karakter Majo dan Sady yang terasa begitu saling melengkapi. Bikin kita merasa sayang kepada kedua tokoh yang menggemaskan ini. Siapa tahu dengan menikmati kisah Majo & Sady ini kalian beneran kepengen segera menikah!

***

giveaway

Nah, khusus untuk pembaca setia blog ini, Penerbit Haru juga sudah menyiapkan 1 buah notes kece Majo & Sady loh! Pasti kalian mupeng kan? Kalau gitu, simak cara untuk mendapatkannya ya:

1. Klik “suka” di fanpage Penerbit Haru , follow FB: Kitty Tsukino dan follow juga blog ini.

2. Follow akun twitter dan instagram @Penerbit Haru dan @WoMomFeyShare post / catatan ini ke timeline kamu (bisa via FB atau via twitter). Atau repost/reshare/retweet informasi mengenai giveaway ini via twitter dan instagram.

Jangan lupa untuk mention @Penerbit Haru dan @womomfey (jika via twitter dan instagram) atau tag Penerbit Haru dan Kitty Tsukino (jika via FB).

3. Sertakan hastag #MajoSady1and2

4. Tulis jawaban kamu di kolom komentar dari post ini dengan menyertakan nama, akun yang dipakai untuk share info giveaway ini (bisa akun twitter/FB/instagram), link share, alamat e-mail, serta domisili.

5. Periode giveaway ini hanya 5 hari, yaitu 18-22 Mei 2017.

6. Giveaway ini hanya berlaku bagi kalian yang memiliki alamat pengiriman di Indonesia ya. Kalau kamu tinggal di luar negeri namun memiliki alamat di Indonesia, berarti kamu masih bisa ikutan loh!

7. Pengumuman pemenang akan dilakukan segera setelah giveaway berakhir (maksimal 3 hari)

8. Good Luck

Pertanyaan:

Kasih tahu dong, siapa sih pasangan suami-istri ideal menurut kamu? (Boleh pasangan selebriti, pasangan karakter komik/anime/manga/k-toon/drama/film/buku) Dan kasih tau juga alasan kenapa kamu menganggap mereka sebagai pasangan suami-istri yang ideal.

***

Final Blogtour & Giveaway

Setelah membaca reviewnya, pasti dong kalian kepengen baca langsung bukunya. Untuk itu Penerbit Haru sudah bermurah hati menyediakan Majo & Sady #1 dan Majo & Sady #2 untuk 2 orang pemenang di akhir rangkaian blogtour. Caranya? Kalian cukup mengumpulkan semua kepingan puzzle huruf dari tiap blogtour yang diadakan oleh masing-masing host. Dan final blogtour ini akan diadakan di Fanpage  Penerbit Haru. Jadi, pastikan kamu mengikuti semua blog ya.

Nah, ini dia kepingan puzzle huruf dariku:

Kitty W

Disimpan baik-baik ya kepingan puzzle huruf dariku ini. Dan pastikan kalian juga mampir ke blog para host blogtour lainnya:

Blogtour Majo banner

 

 


Share this post:

Related Posts

Comments are closed.

View My Stats