BBI HUT 6 #6: More Book = More Money?!

BBI HUT 6-01

Yeaaayyy!

Akhirnya kita tiba di penghujung event BBI HUT 6 Marathon. Sebagai penutup, kali ini aku mau sekedar berbagi tips supaya bisa tetap update dalam membaca buku, tapi gak bikin kantong jebol!

Sepertinya kebanyakan pembaca yang kukenal belakangan ini terjangkit virus tsundoku alias book hoarder. Ya, mana bisa sih kita menahan nafsu memiliki buku kala book fair, book sale dan book discount merajalela di sekitar kita! Belum lagi kalau buku-buku yang kita incar memang ikutan dibanting harganya! Duh! Rasanya sia-sia deh mengunci dompet (beserta kartu debit dan kartu kredit) di dalam lemari besi sekalipun! ~.~”

Nah, gimana caranya bisa berhemat tapi tetap bisa menikmati buku-buku kesayangan kita? Belum lagi kalau hari gajian masih jauh, atau uang saku bulan ini sudah keburu habis untuk beli ini-itu di awal bulan?

1. Jadilah anggota perpustakaan terdekat 

Library Card

Beneran deh! Belakangan ini perpustakaan cukup update dengan koleksi buku-buku terbaru dan populer. Jadi gak perlu merasa khawatir kalau koleksinya cuma buku-buku jadul yang itu-itu saja. Selain bisa meminjam buku, kan kita juga bisa memanfaatkan fasilitas perpustakaan tersebut untuk menunjang hobi kita. Misalnya nih, bisa update postingan di blog kita dengan meminjam komputer perpustakaan yang kebanyakan sudah memberikan akses free internet.

2. Download aplikasi perpustakaan digital

Nah! Yang ini selain gratis, juga sangat praktis! Cukup berbekal smartphone, kamu sudah bisa ikutan baca ribuan koleksi e-book via aplikasi perpustakaan digital. Koleksi bukunya juga cukup update dan beragam loh! Kamu bisa membaca kapan saja dan di mana saja, tanpa perlu repot-repot bawa buku fisik. Selain itu, kamu juga bisa berinteraksi dengan para pengguna aplikasi perpustakaan digital lainnya. Lumayan kan sambil membaca, kita bisa juga dekat dengan komunitas yang sehobi.

3. Jadilah anggota taman bacaan atau tempat penyewaan buku

PJ-AP390_CRANKY_G_20090422165243

Kebayang kan berapa uang yang harus kita keluarkan saat membeli novel trilogi atau tetralogi, atau bahkan manga berseri yang jumlahnya mencapai puluhan volume! Nah, di saat inilah kita bisa memanfaatkan fasilitas sebagai anggota taman bacaan atau tempat penyewaan buku. Biaya menyewa atau meminjam sebuah buku atau manga jauh lebih hemat ketimbang membelinya!

4. Pinjam dari teman

3455269-book1

Nah! Kalau kita punya teman sesama pecinta buku, bersyukurlah dan berbahagialah! Kita bisa loh saling meminjam buku dengan teman kita ini. Hanya saja, pastikan untuk menjaga etika peminjaman ya. Hal ini penting supaya hubungan kita bisa terjaga dengan baik, dan ujung-ujungnya kita juga bisa saling meminjam buku lagi ke depannya.

5. Rajin ikut giveaway dan kuis berhadiah buku

book_giveaway_16

Nah! Dengan semakin maraknya book blogger yang meramaikan kancah blogging, maka belakangan ini sering banget kita jumpai berbagai giveaway dan kuis berhadiah buku. Wuaaahhh! Kapan lagi bisa dapet buku inceran gratis?! Rajin-rajin deh follow book blog dan media sosial si blogger buku supaya gak ketinggalan info book giveaway! Psssttt… blog Pelahap Kata ini juga suka ngadain giveaway loh! So, jangan lupa follow dan pantengin terus ya! ^^

6. Ikutan Book Crossing

book crossing

Book Crossing adalah program berbagi buku. Sistemnya sangat sederhana. Cukup memberikan stiker book crossing pada cover buku yang ingin kita bagi ke orang lain. Setelah itu kita bisa memberikan buku tersebut kepada siapa pun dan setelah orang tersebut selesai membaca buku itu, maka buku tersebut juga diteruskan kepada orang berikutnya. Sistem book crossing sendiri juga sudah banyak beredar di kalangan para pembaca yang ingin menularkan virus membaca di tanah air loh! Ada yang delivery book crossing (si pemesan cukup membayar ongkos kirim saja) dan ada juga direct book crossing dengan cara meletakkan buku langsung di tempat-tempat strategis agar langsung diambil dan dibaca orang.

Sejauh ini aku baru ikutan 2 book crossing dari akun Instagram @rachaelslibrary dan @moccobukku. Kalau kalian tertarik untuk membuat sistem book crossing juga, jangan lupa colek akun @WoMomFey ya ^^

Nah gimana? Semoga tips di atas bisa berguna untuk mengatasi kegalauanmu dalam hal menghemat namun tetap update membaca buku ya! Kalau kamu punya tips lainnya, monggo loh share di kolom komentar postingan ini.

Cheers,

Kitty


Share this post:

Related Posts

Comments are closed.

View My Stats