#575 Pasangan (Jadi) Jadian


Demi rencana jalan-jalan mengelilingi Eropa, Priyayi berniat mencari penghasilan tambahan dengan menyewakan kamar di rumahnya. Bersamaan dengan itu, Jagad temannya membutuhkan tumpangan karena rumah yang ditempatinya sedang direnovasi. Dengan niat membantu teman, Yayi membolehkan Jagad untuk tinggal di rumahnya.

Tentu saja keluarga Yayi tidak boleh tahu. Tapi Yayi tidak bisa merahasiakan hal itu pada Jimmy, kekasihnya. Meski Jimmy keberatan, Yayi tetap melaksanakan rencananya menyewakan kamar. Namun, karena satu kejadian, Yayi dan dan Jagad berakhir di dalam kamar yang sama dan kepergok keluarga Yayi juga keluarga Jagad. Buntutnya Yayi harus menikah dengan Jagad atas permintaan Kakeknya Yayi. Meskipun sudah menikah dan tinggal serumah, Yayi dan Jagad tetap hidup sendiri-sendiri. Tidak boleh ada yang tahu jika mereka hanya pasangan jadi-jadian.

Ini pertama kalinya saya membaca karya Lusiwulan. Sebenarnya ceritanya lumayan, asyik untuk diikuti. Tapi karakter Jagad yang lempeng dan cenderung pasrah pada keputusan Yayi membuat pasangan ini terasa berat sebelah. Yayi sebenarnya berusaha membuat Jagad juga bahagia dengan membebaskan Jagad saat akan berbaikan dengan mantannya. Apalagi Yayi pun masih mencintai Jimmy. 

Penuturan cerita dalam novel ini juga seperti terbagi dalam sub bab (iya ada judul sub bab-nya gitu) yang menegaskan waktu kejadian. Hanya ada beberapa bagian yang seperti melompat waktunya, jadi kesannya ceritanya terpotong. Ada beberapa plothole  juga, tapi over all masih bisa diikuti kok. Kalau butuh cerita ringan, dengan narasi nakal yang membuat tertawa silakan dibaca novel mteropop satu ini.

Pasangan (Jadi) Jadian
Lusiwulan
248 halaman
Gramedia Pustaka Utama
Februari, 2008


Share this post:

Related Posts

Comments are closed.

View My Stats