#574 Rona Hidup Rona


Rona memutuskan pertunangannya dengan Tion. Selain posesif, Tion juga sering sekali pergi bersama perempuan lain. Jika sebelumnya Rona bisa memaafkan perbuatannya, kali ini Rona tidak tahan lagi, setelah Tion mengatakan Rona itu perek gara-gara pergi ke puncak dengan klien bisnisnya. Tiga bulan menjelang pernikahan mereka, Rona memilih untuk mengakhirinya.

Sekarang Rona menjomlo. Sebenarnya bagi Rona hal itu bukan masalah besar. Tapi sejak Kaka, sahabatnya dan Nena, adiknya selalu menjodohkan Rona dengan beberapa pria, Rona jadi kesal. Rona pun mulai bersandiwara. Tama, teman sekelas Nena, ternyata siap membantu Rona untuk menjadi pacar bohongannya. Namun sebenarnya Tama ingin lebih dari sekadar pacar bohongan. Usia terpaut sembilan tahun bedanya tidak menyurutkan niat Tama. Karena Rona juga punya perasaan sama, dia menerima Tama menjadi kekasihnya.

Pacaran beda usia, dimana yang perempuan lebih tua dibandingkan si lelaki, ternyata masih menjadi hal yang tidak lumrah. Jangankan orang lain, Rona sendiri masih belum sepenuhnya yakin dengan hubungan mereka. Sikap Tama yang dewasa ditambah indahnya masa-masa jatuh cinta membuat Rona bertahan. Meskipun harus backstreet karena tidak ingin ketahuan Nena, yang juga suka sama Tama.

Sebenarnya novel ini sudah pernah saya baca di tahun 2017 lalu. Berhubung ada Fiksimetropop Reading Challenge dengan tantangan baca ulang #novelMetropop favorit, saya jadi baca ulang novel ini. Kebetulan belum pernah direview juga di blog ini. Saya ingat sekali, gara-gara novel ini saya jadi jatuh cinta sama tulisannya Mia Arsjad yang selalu menyisipkan banyolan humor di dalam setiap novelnya. 

Rona Hidup Rona juga demikian.  Alur ceritanya mulus, penuh banyolan dan dialog yang bikin ngakak khas Mia Arsjad. Penyelesaian konfliknya pun menurut saya cukup adil, meski harus menghadirkan satu tokoh yang lain. Dan setelah membaca ulang novel ini, feeling-nya masih sama dengan saat membacanya pertama kali dulu. Tidak salah saya memasukkannya dalam rak buku favorit saya. 

Rona Hidup Rona
Mia Arsjad
320 halaman
Gramedia Pustaka Utama
Juli, 2007

Share this post:

Related Posts

Comments are closed.

View My Stats