#550 Fake Love: Aku, Suamiku, dan Gunpla-nya



Memiliki hobi tentunya hak pribadi setiap orang. Tapi bagaimana jika hobi itu menghambat untuk bertemu dengan jodoh? Begitulah yang dirasakan Arlin. Kesukaannya terhadap bento membuatnya acap kali disebut sebagai anak kecil oleh pria-pria yang pernah menjadi kekasihnya. Daripada terus menerus gagal menikah sementara keluarganya terus menuntut, Arlin sepakat untuk dijodohkan melalui situs perjodohan.

Tidak butuh waktu lama, seorang pria bernama Delan melamarnya. Delan ternyata juga punya hobi unik. Dia maniak Gundam Plastik atau gunpla. Sama dengan Arlin, keluarganya juga mendesaknya untuk menikah. Situasi yang sama membuat Delan nekat melamar Arlin. Dia juga setuju dengan syarat yang diajukan oleh Arlin. Pernikahan ini hanya di atas kertas. Mereka tidak akan berhubungan lebih jauh layaknya suami istri. 

Hari-hari penyesuaian diri antara Arlin, Delan, bento dan gunpla dimulai. Delan sangat tegas melarang Arlin masuk ke dalam kamarnya yang penuh dengan pernak-pernik gunpla tanpa sepengetahuan Delan. Arlin sendiri yang awalnya ragu memulai memasak dan membuat bento lagi akhirnya lega karena suaminya tidak mempermasalahkan hobinya itu. Yang menjadi masalah di antara mereka adalah cara berkomunikasi saja. Delan yang sering nyolot, membuat Arlin yang perasa sering menangis.

Konflik tambahan yang muncul adalah dari seorang bernama Shiyan yang sering berkunjung ke blog milik Arlin. Arlin kemudian berpikir mengapa orang yang belum perah ditemuinya itu jauh lebih perhatian pada daripada suaminya sendiri.  Belum lagi persoalan tetangga mereka yang sok tahu dan selalu ingin menjadi sumber berita. Arlin yang tinggal di rumah paling sering mendapat masalah dengan tetangganya itu. 

Ide cerita tentang hobi sepasang suami istri ini menarik, karena penulis mencoba untuk menampilkan bagaimana keduanya berusaha saling memahami hobi masing-masing. Meskipun upaya untuk itu lebih terlihat pada Arlin ketimbang Delan. Karakter Arlin lebih terlihat perkembangannya dibandingkan dengan Delan. Mungkin karena penulis mengambil sudut pandang orang ketiga yang dominan di Arlin. 

Saya pernah mengulas bahwa lini Le-Mariage dari Elex Media Komputindo ini tema utamanya kebanyakan tentang perjodohan. Novel yang satu ini juga begitu. Tapi novel ini lumayan seru, kocak dan ringan. 

Fake Love: Aku, Suamiku, dan Gunpla-nya
Shireishou
296 halaman
Elex Media Komputindo
November 2017




*diikutkan dalam event Tantangan Baca Goodreads Indonesia bulan Januari


Share this post:

Related Posts

Comments are closed.

View My Stats