2019 #11: Aneka Profesi Asyik Zaman Now

Judul asli: 18 Profesi Asyik Zaman Know: Dari Hobi Menjadi Pundi-pundi
Penulis: Keen Achroni
Editor: Eista Swaesti
ISBN: 9786025687303
Halaman: 170
Cetakan: Pertama-2019
Penerbit: Trans Idea Publishing
Harga: Rp 40.000
Rating: 3/5

“ Tak ada yang tidak mungkin di dunia ini
Keen Achroni

18 Profesi Asyik Zaman Now :Dari Hobi Menjadi Pundi-pundi (2019) merupakan sebuah buku yang akan membuka wawasan Anda mengenai  bermunculannya berbagai profesi baru yang semula merupakan hobi. Misalnya, barista, komika, ilustrator dan lainnya.

Profesi-profesi tersebut muncul seiring dengan kemajuan teknologi  serta perkembangan zaman. Tentunya akan sangat menyenangkan jika Anda bisa melakukan hobi, sesuai yang Anda sukai, sekaligus mendapat penghasilan dari hobi tersebut.

Saat kecil, jika ada yang bertanya apakah cita-citamu? Kemungkinan jawabannya adalah menjadi dokter, guru, tentara dan sejenisnya. Kita cenderung menyebut  cita-cita dilandasai rasa kagum pada sosok tersebut.

Sekarang zaman sudah berubah. Profesi tersebut memang masih diminati, namun belakangan muncul profesi baru. Buku ini memberikan tambahan wawasan bahwa hobi bisa menjadi pilihan profesi  jika ditekuni.  Selain itu, diberikan juga informasi mengenai hal apa saja yang harus dimiliki  seseorang untuk bisa mengembangkan hobi menjadi profesi.

Dalam buku ini, pembaca akan menemukan uraian mengenai banyak hal, antara lain:
1. Tentunya akan sangat menyenangkan jika apa yang kita sukai bisa menghasilkan uang, jika hobi bisa menjadi mata pencarian;
2. Sekedar suka dan bisa tidak cukup, seseorang harus memiliki hal lain untuk bisa berkembang;
3.  Kreativitas, bekerja keras dan terus menggali potensi yang ada merupakan syarat untuk bisa maju dan bertahan dalam usaha;
4. Apa yang dibutuhkan untuk mengubah hobi menjadi profesi;

5. Keuntungan apa yang diperoleh dari profesi yang semula adalah hobi.


Menulis itu mudah! Demikian judul sebuah buku yang pernah terbit. Apakah betul mudah? Ternyata tidak juga. Untuk menjadi penulis, kamu harus pandai merangkai kata-kata,  memiliki pengetahuan yang luas,  disiplin, serta mampu merangkai berbagai fakta yang ada menjadi suatu tulisan yang enak dibaca.

Selain bisa berbagai pengetahuan, kamu juga bisa mendapat keuntungan yang lumayan. Bukumu masuk rak best seller hingga cetak ulang, bayangkan jumlah uang yang mengalir. Atau ada yang tertarik membeli hak cipta bukumu untuk diubah menjadi film.  Jika sudah begitu, pastinya kamu bakalan menjadi sosok yang terkenal.

Sering baca buku?  Pastinya pernah melihat ada aneka gambar yang bertujuan mempercantik dan mempermudah pemahaman isi sebuah buku. Mereka yang mengerjakannya  disebut illustrator. Jika kamu suka menggambar, maka profesi ini sangat cocok untukmu.

Tentunya tidak cukup bisa menggambar saja, kamu harus mampu menangkap makna dari buku yang akan diberikan ilustrasi. Maka seorang illustrator dituntut memiliki wawasan yang luas serta memiliki keterampilan mempergunakan berbagai perlengkapan menggambar. Kamu bisa bergabung pada sebuah penerbitan, perusahaan desain atau membuka usaha sendiri. Jam kerja silakan atur sendiri.

Kembali pada urusan membaca, tahukah kalian, sebelum sebuah naskah buku dicetak terlebih dahulu harus diperiksa oleh seorang editor. Tugas editor adalah memastikan naskah tersebut layak diterbitkan  dan memberikan manfaat bagi pembacanya. Kemudian memperbaiki kesalahan yang ada, baik dari sisi logika, pemilihan kata, maupun tata bahasa.
 
Untuk menjadi editor, tentunya dibutuhkan kemampuan berbahasa yang baik, paham kaidah bahasa. Ia juga harus memiliki wawasan yang luas, sabar, dan tentunya teliti.  Selain itu, ia juga harus mampu bekerja sama dengan orang lain, penulis yang bukunya ia edit sebagai contoh.

Buku merupakan kerja tim.  Tengoklah halaman informasi buku, ada banyak nama yang terlibat dalam penerbitan sebuah buku. Mereka juga harus membantu mempromosikan buku yang ditanganinya. Jika kamu tidak keberatan dengan kerja tim namun lebih menyukai bekerja sendiri, profesi sebagai penulis, editor dan illustrator bisa dipertimbangkan.

Selama ini kamu dikenal sebagai sosok yang humoris, mampu menghangatkan suasana. Di mana pun kamu muncul, suasana menjadi meriah. Profesi sebagai Komika-pelawak tunggal sepertinya menjanjikan. Selain menyalurkan hobi melucu, beramal dengan membuat orang bahagia, uang juga bisa diperoleh. Asyik bukan?

Suka berolah raga? Main basket, tenis, atau lari? Tahukah kamu bahwa belakangan profesi sebagai atlet profesional menjanjikan banyak hal. Selain kebugaran tubuh, uang, ketenaran juga menghampiri. Tak sedikit atlet yang merangkap sebagai presenter siaran olah raga, endorsmen, bahkan berbisnis perlengkapan olah raga.

Punya banyak teman dan jaringan? Pekerja keras? Tidak bisa dikengkang dan ingin bisa mengatur waktu kerja sendiri? Pertimbangkanlah untuk menjadi seorang entrepreneur. Tentunya kamu juga masih harus melengkapi diri dengan berbagai pengetahuan dan suka bekerja keras. Selain itu, kamu juga harus selalu hati-hati dalam bertindak, jangan mudah tergiur dengan keuntungan besar yang tidak jelas.

   Dari hobi beralih menjadi profesi, bisa jadi menimbulkan profesi baru. Misalnya dari seorang chef, merangkap menjadi seorang bintang iklan, konsultan restoran, presenter acara memasak, endorsmen, bahkan manager sebuah rumah makan. Menggiurkan bukan?

   Kenali dirimu, jika sudah mantap memutuskan untuk menjadikan hobi sebagai profesi maka kembangkan kemampuan yang ada, jika perlu ikuti kursus/sekolah atau magang pada pakarnya. 
   
   Tak ada yang tak mungkin dalam kehidupan ini, yang adalah kamu terlalu takut untuk mewujudkan mimpi menghasilkan uang dari hobi.

Kekurangan buku ini pada uraian yang sering kali sia-sia. Misalnya penulis menguraikan mengenai suatu profesi secara panjang lebar, tapi tidak menyebutkan secara tegas apa modal dasar jika ingin mengubah hobi menjadi profesi.

Misalnya jika ingin menjadi seorang komika, apakah hanay dibutuhkan bakat melucu semata? tidak disebutkan wawasan mengenai kepribadian orang sehingga paham bagaimana tipe penontonnya saat itu. Jika tahu tipe penonton, tentunya bsia memberikan lawakan yang sesuai.

Dengan komik strip yang menghibur, buku ini cocok dijadikan bacaan bagi para pemerhati ekonomi, motivator, kaum muda, pelaku usaha perusahaan rintisan, pencari lapangan pekerjaan, serta mereka yang ingin menuntut ilmu sambil bekerja

Sumber:
Buku 18 Profesi Asyik Zaman Now: Dari Hobi Menjadi Pundi-pundi

Share this post:

Recent Posts

Comments are closed.

View My Stats